MTsN 1 Makassar Manfaatkan E-learning Madrasah

Kepala MTsN 1 Makassar Darmawati.

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Makassar akan melakukan pembelajaran dari rumah dengan berbasis online. Pihak sekolah memanfaatkan teknologi informasi, E-learning Madrasah. Hal ini disampaikan oleh kepala MTsN 1 Makassar Darmawati, Rabu (18/3/2020).

“Insya Allah, pembelajaran dari rumah untuk siswa MTsN 1 Kota Makassar sebagai aksi tindak lanjut dari arahan Kakanwil, Kabid Penmad dan Kakankemenag Kota Makassar dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19”, tulis Darmawati saat dihubungi melalui pesan singkat via WhatsApp

Inline Ad

Kepastian pelaksanaan sistem ini akan dirapatkan melalui Focus Group Discussion (FGD). “Insya Allah, setelah kami FGD besok, karena hari ini teman-teman masih disibukkan dengan UAMBN-BK,” tambahnya.

E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi produk madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.

Baca Juga:  16 Ribu Guru di Sulsel Akan Dapat Pakasi Tahun Depan?

Selain siswa siswi, terdapat lima user lain yang dapat mengakses E-learning Madrasah yaitu untuk operator madrasah, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah. Masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi E-learning Madrasah, kapanpun dan di manapun

Lalu apa saja fitur yang terdapat dalam E-learning Madrasah?

Pertama, Kelas Online

Fitur kelas online berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Kedua, Guru Berbagi

Fitur guru berbagi ini adalah platform yang akan menampung kreativitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat. Guru hanya tinggal memposting informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai postingan tersebut.

Baca Juga:  16 Ribu Guru Terancam Tak Dapat Pakasi

Ketiga, Forum Komunitas Madrasah

Dalam E-learning Madrasah, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. User juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat.

Untuk dapat mengunduh aplikasi E-learning Madrasah, user harus terlebih dahulu melakukan login sebagai operator madrasah (operator dapat mengunduh pada link http://elearning.kemenag.go.id/

Dalam proses itu, user harus mengunggah Surat Keputusan (SK) sebagai salah satu syarat utama mendapatkan aplikasi E-learning Madrasah.

Setelah SK berhasil diunggah, operator harus menunggu SK tersebut disetujui oleh tim dari Direktorat KSKK Madrasah. Jika SK sudah disetujui, operator akan diberikan akses untuk mengunduh Aplikasi E-learning Madrasah. (rls)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.