Muhammad Masdar Guru SD Beralih Jadi Dosen

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dosen Dipekerjakan Kopertis (DPK) diperbantukan di STKIP Cokroaminoto Pinrang, Dr H Muhammad Masdar, M.Pd, sudah 13 tahun berstatus sebagai tenaga dosen. Beralih menjadi dosen di Kopertis sejak tahun 2003.

Masdar sebelum menjadi dosen, dia hanyalah seorang guru sekolah dasar (SD) di Rappokalling Makassar. Menjadi guru SD sejak tamat diploma dua PGSD di UNM 1995. Karena cita-citanya ingin menjadi dosen, maka lanjut ke program S1 di UNM selesai tahun 2000.

Karena menjadi dosen sesuai peraturan Kemenristek Dikti minimal pendidikan berkualifikasi S2, maka lanjut program magister di UNM 2000 dan berhasil menyelesaikan studi 2002. Lalu lanjut program doktoral (S3) tahun 2007 dan selesai tahun 2011.

Baca Juga:  Orasi Ilmiah Prof NA Banjir Pujian dari Akademisi

Masdar ini adalah salah seorang penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya masa pengabdian 20 tahun pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Kopertis IX, Rabu (17/8/2016). Penghargaan yang sama juga diperoleh sebelumnya untuk masa pengabdian 10 tahun.

Dari seorang guru sampai menjadi dosen, perjuangannya tidaklah ringan, sampai dia harus ke luar negeri belajar bahasa Inggris dan metode penelitian di Austalia selama kurang lebih enam bulan.

Baca Juga:  Unhas Jadi Tuan Rumah Penyelenggara LKTM Bidang Kemaritiman

Pria kelahiran Salurindu Polmas 24 Mei 1971 ini, dalam perjalanan kariernya, pernah menjadi ketua program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), juga menjadi ketua bidang akademik periode 2010 – 2014.(nasrullah)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.