NasDem Tegaskan Dana Kelurahan Tak Terkait Pilpres

Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate.

INIPASTI.COM, JAKARTA, – Partai NasDem memastikan rencana pemberian dana kelurahan tidak terkait dengan proses Pemilu Presiden (Pilpres) April 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, Rabu 24 Oktober 2018.

Johnny mengatakan usulan dana kelurahan ini merupakan murni aspirasi masyarakat saat anggota DPR melakukan reses. Khususnya para lurah yang ingin mendapatkan perhatian pemerintah lewat APBN. Pasalnya tidak sedikit desa-desa dan kelurahan  belum memiliki infrastruktur yang lengkap.

“Dana kelurahan ini tidak ada hubungannya dengan pemilu karena ide awal dana kelurahan adalah hasil dari aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota DPR saat mereka melakukan reses,” jelas Johnny.

Baca Juga:  Sambut 2017, SK-HD Gelar Dzikir Akbar dan Doa Bersama

Selama ini, kata dia pembiayaan kelurahan masih menggunakan dana transfer daerah pemerintah kabupaten dan kota. Sehingga selalu tergantung pemerintah kabupaten atau kota.

Dengan demikian, kelurahan juga membutuhkan asistensi pembiayaan APBN, lanjut Johnny, usulan Presiden Jokowi terkait dana kelurahan layak untuk diwujudkan. Pembiayaan dana kelurahan bisa dilakukan melalui transfer daerah yang dananya akan diambil dari dana desa yang telah dianggarkan sebesar 73 triliun.

Baca Juga:  Pelantikan Organisasi Sayap Partai, Surya Paloh 3 Hari di Makassar

“Pembagiannya Rp70 triliun untuk dana desa, dan Rp3 triliun untuk dana kelurahan sehingga masing-masing kelurahan bisa mendapatkan dana sebesar kurang lebih Rp300 juta ,” ungkap Johnny.

(**)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.