Netanyahu Menuduh Iran Menyerang Kapal Kargo Milik Israel

Kapal kargo milik Israel, Helios Ray, berlabuh di Dubai pada 28 Februari. Fotografer: Kamran Jebreili / AP Photo

INIPASTI.COM, Yerusalem (AP) – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin menuduh Iran menyerang kapal milik Israel di Teluk Oman pekan lalu, sebuah ledakan misterius yang semakin meningkatkan kekhawatiran keamanan di wilayah tersebut.

Tanpa menawarkan bukti apa pun atas klaimnya, Netanyahu mengatakan kepada penyiar publik Israel Kan bahwa “itu memang tindakan Iran, itu jelas.”

Inline Ad

“Iran adalah musuh terbesar Israel, saya bertekad untuk menghentikannya. Kami melakukannya di seluruh wilayah, ”kata Netanyahu.

Ledakan itu menghantam MV Helios Ray milik Israel, kapal kargo kendaraan roll-on berbendera Bahama, saat berlayar keluar dari Timur Tengah dalam perjalanan ke Singapura pada hari Jumat. Awaknya tidak terluka, tetapi kapal itu mengalami dua lubang di sisi kiri dan dua di sisi kanan tepat di atas garis air, menurut pejabat pertahanan Amerika.

Kapal itu datang ke pelabuhan Dubai untuk diperbaiki pada Minggu, beberapa hari setelah ledakan yang menghidupkan kembali kekhawatiran keamanan di perairan Timur Tengah di tengah ketegangan yang meningkat dengan Iran. Iran telah berusaha menekan AS untuk mencabut sanksi terhadap Teheran ketika pemerintahan Presiden Joe Biden mempertimbangkan opsi untuk kembali ke negosiasi dengan Iran mengenai program nuklirnya.

Baca Juga:  Italia Diguncang Gempa 6,6 SR, Ribuan Orang di Hunian Sementara

Masih belum jelas apa yang menyebabkan ledakan itu. Helios Ray telah mengeluarkan mobil di berbagai pelabuhan di Teluk Persia sebelum ledakan memaksanya untuk berbalik arah.

Dalam beberapa hari terakhir, menteri pertahanan dan panglima militer Israel telah mengindikasikan bahwa mereka menganggap Iran bertanggung jawab atas apa yang mereka katakan sebagai serangan terhadap kapal tersebut.

Semalam, media pemerintah Suriah melaporkan serangkaian serangan udara Israel di dekat Damaskus, mengatakan sistem pertahanan udara telah mencegat sebagian besar rudal. Laporan media Israel mengatakan dugaan serangan udara berada di sasaran Iran sebagai tanggapan atas serangan kapal.

Israel telah menyerang ratusan sasaran Iran di negara tetangga Suriah dalam beberapa tahun terakhir, dan Netanyahu telah berulang kali mengatakan Israel tidak akan menerima kehadiran militer permanen Suriah di sana. Iran dan wakil Lebanonnya, Hizbullah, telah memberikan dukungan militer kepada Presiden Suriah Bashar Assad dalam perang saudara Suriah selama lebih dari satu dekade.

Baca Juga:  Pernyataan Presiden Iran soal Salah Tembak Pesawat Ukraina

Militer Israel menolak berkomentar. Belum ada tanggapan langsung dari Iran atas tuduhan Israel tersebut.

Iran juga menyalahkan Israel atas serangkaian serangan baru-baru ini, termasuk ledakan misterius musim panas lalu yang menghancurkan pabrik perakitan sentrifugal canggih di fasilitas nuklir Natanz dan pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh, seorang ilmuwan top Iran yang mendirikan program nuklir militer Republik Islam dua. dekade lalu. Iran telah berulang kali berjanji untuk membalas pembunuhan Fakhrizadeh.

“Sangat penting bahwa Iran tidak memiliki senjata nuklir, dengan atau tanpa kesepakatan, ini juga saya katakan kepada teman saya Biden,” kata Netanyahu, mengacu pada presiden AS.

Ancaman pembalasan Iran telah menimbulkan kekhawatiran di Israel sejak penandatanganan kesepakatan normalisasi dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain pada bulan September.

Baca Juga:  Presiden Donald Trump enggan berperang dengan Iran

___

//Bloomberg.com

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.