Noldus Pandin: Sinergikan Berantas Penyakit Sosial Di Toraja

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Toraja merupakan destinasi wisata yang tersohor di Provinsi Sulawesi Selatan, bahkan sudah terkenal ke mancanegara karena aset kebudayaannya.

Hal ini, disampaikan oleh ketua Forum Diskusi Budaya Toraja, yakni Noldus Pandin, ketika dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp tadi malam Rabu 5 Mei 2021.

Inline Ad

Dalam perbincangan dengan media terkait hangatnya isu sabung ayam di media lokal Toraja, bahkan di media sosial. Menurut alumni UGM tahun 2004 ini, bahwa penyakit sosial di Toraja tidak mudah membasmi jika hanya satu pihak semata.

Oleh sebab itu kiranya ada sinergitas antara semua elemen masyarakat baik dari kalangan Pemerintah, pihak keagamaan dan kepolisian, serta elemen kepemudaan menyatukan konsep sehingga menjadi solusi dalam pemberantasannya.

Baca Juga:  10 Tahun Terakhir, Luas Panen Padi di Gowa Hingga 36,8%

Ditambahkan oleh Pong Chatrin sapaan akrabnya bahwa, persoalan sabung ayam sudah lama berjalan namun itu tidak kunjung selesai karena tidak ada komitmen yang paling ampuh untuk menumpasnya.

Usul kami dari FDBT, adalah silakan pemda bersama para legislator di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja, ditambah lagi dari unsur tokoh, keagamaan, masyarakat, tokoh adat,untuk membuat fakta integritas yang ditandatangani secara bersama.

Apabila dalam ada wilayah, apakah dusun atau lembang terjadi proses sabung ayam, maka segera gantikan posisi kepala dusunnya dan maupun kepala lembannya, atau lurahnya serta berikan sangsi tegas.

Baca Juga:  Ipar Bupati Takalar Meninggal Dunia

Bagi wilayah yang aman dalam proses sabung ayam atau penyakit sosial, pemda harus memberikan penghargaan apakah pembangunan atau kegiatan yang bernilai guna.

Disamping itu juga penyakit sosial lain yang muncul adalah kasus narkoba. Penyakit sosial ini telah menjadi sebuah keresahan yang sedang merusak tatanan kehidupan di Toraja. FDBT memohon kepada seluruh aparat kepolisian dan masyarakat Toraja untuk tak hentinya berkoordinasi dalam memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan Toraja, tandas aktivis disabilitas ini dengan semangat.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.