Nurdin Abdullah Minta Pemenang TTG Dapat Pendampingan

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan menggelar acara penyerahan piala, piagam dan hadiah lomba desa dan kelurahan di Hotel Four Point by Sheraton, Kamis (27/9).

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sulsel  Nurdin Abdullah. Ia berharap  bagi peserta yang meraih juara, selain mendapat penghargaan. Para pemenang dan hasil serta hasil karya rancang bangun mereka untuk secara berkesinambungan dikembangkan dan dibina melalui pendampingan.

Inline Ad

“Semua hasilnya ini dibuat pendampingan ahlinya, misalnya penyulingan air laut tadi. Sementara di negara maju ada hasil riset, itu terus diulang sampai hasilnya sempurna,” sebutnya.

Baca Juga:  Gubernur Sebut Anggaran untuk Stadion Mattoanging Aman

Bagi Nurdin Abdullah, hasil inovasi harus didukung bahkan jika menjanjikan dan berpotensi untuk dikembangkan, seperti untuk teknologi tepat guna Pemprov dapat mendorong industri yang bisa menciptakan hal-hal yang bermanfaat.

“Nah itu menjadi hak paten mereka, tinggal menerima royalti, kalau sertifikat hanya dipegang saja, maka rangsangannya adalah mereka yang menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak dihargai dalam bentuk nilai, misalnya mereka dapat 100 miliar, dia bisa kembangkan lagi, dia bisa bikin usaha skala besar,” sebutnya.

Adapun untuk Teknologi Tepat Guna (TTG) Juara 1 adalah Septian Suryo dengan inovasi teknologi puffer-mesin pengolah air laut menjadi air minum.

Baca Juga:  Nurdin Abdullah Ingin Sulsel Kembali Tuan Rumah PON

Juara 1 Lomba Desa, diraih oleh Desa Kambuno, Kecamatan Bukumpa, Kabupaten Bulukumba. Lomba Kelurahan Juara 1 diraih Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Untuk Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Berpretasi, diraih BUMDesa, Lompulle, Desa Lompulle, Kecamatan Soppeng. Juara 1 Posyandu Kacang, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.