Olimpiade Dakwah 5 Jadi Gelaran Paling Meriah

Tari 4 Etnis meriahkan pembukaan olimpiade dakwah 5 oleh HMJ KPI di Auditorium UIN Alauddin Samata Gowa, Kamis (24/11/2016). (Foto: Zulaeman)

INIPASTI.COM, GOWA – Untuk kelima kalinya, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin (UINAM) mengadakan Olimpiade Dakwah (Oldak). Pada gelaran tahun ini bisa dikatakan sebagai Oldak yang paling ramai sejak diadakan tahun 2012 lalu. Pasalnya, untuk pembukaannya di adakan di ruang yang paling besar di UINAM yaitu Auditorium.

Pembukaan Oldak yang tahun ini bertemakan “Dakwah sebagai Instrumen Revolusi Akhlak Bangsa” ini diwarnai dengan tari 4 etnis, yaitu Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja. Tarian ini ditampilkan oleh Mahasiswa KPI sendiri. Selain itu, pembukaan ini juga dipandu oleh MC tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Baca Juga:  Olimpiade Dakwah 5 UINAM, Merevolusi Akhlak Bangsa

Untuk pesertanya sendiri, sudah ada 19 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang telah mendaftarkan siswanya. Bahkan menurut Ketua Panitia Oldak 5, Rian Gustiandi masih ada beberapa sekolah yang mengkonfirmasi ke panitia pendaftaran. “Untuk sementara ini sudah 19 sekolah, tapi masih ada yang nelpon mau menyusul,” ungkapnya saat pembukaan di Auditorium UINAM, Kamis (24/11/2016).

Baca Juga:  NA Bawa Bantaeng Sabet Penghargaan Ombudsman RI

Rian mengatakan, peserta ini berasal dari kabupaten/kota di Sulsel, seperti Makassar, Sinjai, Takalar, Gowa, Bulukumba, Barru, dan lain sebagainya. Ia juga menjelaskan bahwa mereka akan mengikuti tujuh cabang lomba yang akan dipertandingkan oleh HMJ KPI di Oldak 5 ini. Lomba itu meliputi, Lomba Presenter Islami, Lomba Cipta Baca Puisi, Lomba Akustik, Lomba Debat Islami, Lomba Syahril Qur’an, Lomba Stand Up Commedy, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Para peserta ini akan memperebutkan juara I, II, dan III dengan hadiah trofi/piala, sertifikat, dan dana pembinaan. Selain siswa, pihak sekolah juga berhak menerima piala bergilir jika keluar sebagai juara umum. Dimana tahun lalu juara umum diraih oleh Pesantren DDI Mangkoso, Barru.

Baca Juga:  Anjal dan Gepeng Membludak Jelang Idul Fitri, Apa Kata Kadinsos?

Acara ini pun dibuka secara resmi oleh Dekan FDK UIN Alauddin, Abdul Rasyid Masri. Turut hadir Wakil Dekan I, Misbahuddin, Ketua Jurusan KPI, Kamaluddin Tajibu, Sekretaris Jurusan KPI, Asni Djamereng, dan para peserta berserta guru pendamping.