Operasi Lilin 2019, Keamanan Ditingkatkan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

INIPASTI.COM, MAKASSAR — Demi meningkatkan rasa aman dan damai, Polrestabes Makassar mengadakan apel gelar Pasukan Operasi Lilin, di Lapangan Karebosi, Kamis, (19/12/19). 

Kegiatan ini dihadiri Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb dan Forkopimda Kota Makassar, para pejabat instansi sipil maupun TNI dan Polri. 

Inline Ad

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Tahun 2019 bertemakan “Kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.”

Iqbal mengatakan apel gelar pasukan Operasi Lilin ini merupakan hal yang paling penting untuk melihat tertibnya perayaan Natal 2019 dan menyambut tahun baru 2020.

Pihaknya pun akan mengerahkan semua kekuatannya untuk melancarkan perayaan Natal dan tahun baru. 

Baca Juga:  Pj Wali Kota Terkesima Saksikan Aksi Dai Cilik Nabily Ahmad Fauzi

“Kita akan memperketat rumah-rumah ibadah saat Natal. Serta di titik-titik keramaian. Ancaman bisa datang kapan saja. Kita bertoleransi untuk umat yang lagi merayakan. Namun, kita harus terus saling bersinergi dengan Polri dan TNI. Operasi lilin kita sinergikan dengan baik,” ucapnya. 

Kesiapan juga ditunjukkan oleh Kapolrestabes Makassar,  Kombes Pol Yudhiawan, katanya ia akan menurunkan full team personil Polri di Kota Makassar. Total ada 2.152 personil. 

Sementara, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe mengatakan ini sebagai pengecekan terakhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020. 

Baik dari aspek personel, sarana prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. 

Baca Juga:  Video Conference dengan Menteri Edhy Prabowo, Iqbal Dukung Ekspor Hasil Perikanan

“Operasi Lilin ini akan digelar selama 10 hari mulai dari 23 Desember 2019 – 1 januari 2020.  Karena tahun baru akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional sehingga memerlukan kegiatan peningkatan kepolisian dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penyakit masyarakat dan petasan,” jelasnya.

Ditambahkan lagi, peningkatan intensitas kegiatan masyarakat pada perayaan Natal dan pos pengamanan dalam menyambut Natal dan tahun baru tetap dilakukan guna antisipasi gangguan Kamtibmas. 

Operasi Lilin nantinya akan berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. (rls)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.