Oppo Akan Bikin Chip Ponsel Sendiri, Susul Apple dan Google.

Top Ad

INIPASTI.COM – Apple resmi merilis iPhone 13 bulan lalu dengan chip garapannya sendiri A15 Bionic, dan Google baru saja mengenalkan Pixel 6 yang juga dengan chip garapannya sendiri Tensor.

Informasi terbaru, merek Cina Oppo berencana mengembangkan chip sendiri untuk ponsel flagship generasi masa depannya.

Inline Ad

Dilansir dilaman Tempo, Dua orang sumber orang dalam menjelaskan bahwa Oppo berencana akan merilis chip tersebut pada 2023 atau 2024.

“Tergantung pada kecepatan pengembangannya,” ujar sumber yang disebutkan namanya itu kepada Nikkei Asia, 20 Oktober 2021.

Oppo dilaporkan ingin menggunakan teknologi proses 3nm canggih milik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk chip tersebut.

Jika rencana terwujud, Oppo akan menjadi produsen smartphone besar terbaru yang mengendalikan desain chip-nya sendiri.

Selain Apple, Google, dan Oppo, merek lain yang sudah menggunakan chip buatan sendiri untuk ponsel adalah Samsung serta Huawei, sebelum sanksi dari Amerika Serikat mengganggu bisnisnya.

Oppo saat ini menggunakan chip dari Qualcomm dan MediaTek, seperti semua vendor smartphone Cina lainnya sejak tindakan keras terhadap Huawei.

Sementara Xiaomi juga dikabarkan merancang dan merilis chip kelas bawah yang disebut Surge S1 untuk ponsel Mi 5C pada 2017, tapi sejak itu upaya desain chipnya terbatas pada komponen sekunder seperti prosesor sinyal gambar.

Oppo adalah pembuat smartphone terbesar keempat di dunia berdasarkan pengiriman, menurut IDC.

Karena berbagi rantai pasokan dan kepemilikan dengan Vivo, realme dan OnePlus, chip yang dikembangkan Oppo dapat dengan cepat menemukan jalan mereka ke ponsel dari berbagai merek itu (syakh/tempo)

Bottom ad

Leave a Reply