Para Astronom Temukan Lubang Hitam Terdekat dengan Bumi Berjarak 1.000 Tahun Cahaya

INIPASTI.COM, CNN – Sebuah lubang hitam berjaran 1000 tahun cahaya dari bumi ditemukan, menjadikannya lubang hitam terdekat dengan tata surya yang pernah ditemukan sejauh ini. Demikian dan selanjutnya sebagaimana laporan oleh Ashley Strickland , CNN.

Meski lubang hitam itu sendiri tidak kasat mata, namun ia memiliki dua bitang terang pendamping yang memperlihatkan tempat bersembunyi lubang hitam. Dua bintang terang itu dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang gelap tak berawan di belahan bumi selatan. (Lubang hitam adalah suatu ruang di angkasa yang bahkan cahaya sekalipun tidak dapat melepaskan diri akibat gaya gravitasinya yang sangat kuat).

Inline Ad

Pada saat astronom mengamati sistem bintang tersebut, dalam konstelasi Telescopium, mereka menemukan bahwa satu dari bintang-bintang itu menyelesaikan rotasi orbitnya terhadap objek tersembunyi setiap 40 hari di bumi. Bintang kedua berada lebih jauh di luar bintang pertama dan lubang hitam.

Hal itu mengungkapkan bahwa apa yang sebenarnya mereka lihat adalah sistem triple yang mencakup black hole, bukan hanya sistem bintang ganda. Pengamatan dilakukan menggunakan teleskop 2,2 meter MPG / ESO di Observatorium La Silla Observatorium Eropa Selatan di Chili.

Sebuah studi yang diterbitkan Rabu di jurnal Astronomi & Astrofisika menjelaskan sistem triple tersebut.

“Kami benar-benar terkejut ketika kami menyadari bahwa itu adalah sistem bintang pertama dengan lubang hitam yang dapat dilihat dengan mata tanpa alat bantu,” kata Petr Hadrava, penulis bersama studi dan Ilmuwan Emeritus di Akademi Ilmu Pengetahuan Republik Ceko di Praha, dalam sebuah pernyataan.

Karena black hole ini tidak memiliki interaksi kekerasan dengan lingkungannya, maka ia benar-benar tidak terlihat. Itu membuatnya menjadi salah satu lubang hitam bermassa bintang pertama yang ditemukan yang tidak berinteraksi dengan lingkungannya. Tetapi mempelajari bintang yang mengorbit itu menandakan keberadaan lubang hitam.

“Sebuah objek yang tak terlihat dengan massa setidaknya 4 kali lipat dari Matahari hanya bisa menjadi lubang hitam,” kata Thomas Rivinius, penulis studi utama dan ilmuwan European Southern Observatory, dalam sebuah pernyataan.

Selama bertahun-tahun, para astronom telah menemukan beberapa puluh lubang hitam di galaksi Bima Sakti kita. Mereka mengumumkan kehadiran mereka dengan memiliki interaksi kekerasan dan gangguan dengan lingkungan mereka dan melepaskan sinar-X yang dapat dideteksi.

Tetapi deteksi baru lubang hitam yang sunyi ini bisa menjadi yang pertama dari banyak penemuan serupa di masa depan, kata para peneliti. Mereka percaya bahwa selama masa hidup galaksi kita, banyak bintang telah runtuh dan menjadi lubang hitam. Sekarang, para astronom hanya perlu menemukannya.

“Pasti ada ratusan juta lubang hitam di luar sana, tetapi kita hanya tahu sangat sedikit. Mengetahui apa yang harus dicari harus menempatkan kita pada posisi yang lebih baik untuk menemukannya,” kata Rivinius.

Para peneliti percaya lubang hitam baru yang terdeteksi begitu dekat dengan Bumi hanyalah “puncak gunung es yang menarik,” kata Dietrich Baade, rekan penulis studi dan Emeritus Astronomer di European Southern Observatory, dalam sebuah pernyataan.

Dan mereka sudah memiliki sistem lain dalam pikiran, yang dikenal sebagai LB-1.

“Kami menyadari bahwa sistem lain, yang disebut LB-1, mungkin juga tiga kali lipat, meskipun kami akan membutuhkan lebih banyak pengamatan untuk mengatakan dengan pasti,” kata Marianne Heida, rekan penulis studi dan rekan postdoctoral di European Southern Observatory, di sebuah pernyataan. “LB-1 agak [lebih jauh] dari Bumi tetapi masih cukup dekat dalam hal astronomi, sehingga itu berarti bahwa mungkin lebih banyak dari sistem ini ada.

“Dengan menemukan dan mempelajarinya, kita dapat belajar banyak tentang pembentukan dan evolusi bintang-bintang langka yang memulai kehidupan mereka dengan lebih dari 8 kali massa Matahari dan mengakhirinya dalam ledakan supernova yang meninggalkan lubang hitam.”

Sistem rangkap tiga ini juga menarik karena dapat menjelaskan penggabungan besar-besaran antara lubang hitam, bintang, atau konfigurasi keduanya yang menciptakan gelombang gravitasi.

cnn.com

(AR)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.