Pemkab Pasangkayu Musnahkan 4.699 e-KTP yang Rusak

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa musnakan 4.699 keping KTP Elektronik, Senin 17 Desember 2018.

INIPASTI.COM, PASANGKAYU, – Pemerintah Kabupaten Pasangkayu memusnahkan sebanyak 4.699 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang rusak. Mulai dari rusak fisik sebanyak 1.180 keping, gagal cetak sebanyak 312 keping, dan perubahan elemen data sebanyak 3.207 keping.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di depan kantor bupati Pasangkayu, Senin 17 Desember. Secara simbolis oleh Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, disaksikan oleh perwakilan unsur pimpinan Forkopimda.

Agus Ambo Djiwa menyampaikan pesmunahan ribuan kepingan KTP-el invalid itu dilakukan, untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Terlebih menjelang Pemilu saat ini.

Baca Juga:  Bupati Pasangkayu Curhat tentang Tenaga Honorer K2 ke Presiden

“Jadi ini kami musnahkan, jangan sampai seperti kasus yang ramai diberitakan didaerah lain bahwa ribuan kepingan KTP-el tercecer. Padahal itu KTP-el mau dimusnahkan. Nah ini dimusnahkan dengan disaksikan oleh semua pihak agar tidak ada lagi isu-isu yang tidak benar diluar” tegasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pasangkayu Irfan Rusli Sadek menyampaikan, pemusnahan kepingan KTP-el ini sesusai dengan arahan Mendagri sebagaimana termuat dalam surat edarannya pertanggal 13 Desember 2018.

“Sebelumnya KTP-el invalid ini selalu kami kirim ke Provinsi untuk dimusnahkan. Tapi surat edaran Mendagri yang baru menyebut agar dimusnahkan diwilayah kerja masing-masing saja” sebutnya.

Baca Juga:  Bupati Pasangkayu Buka Lomba Jaga Desa 2018

Disebutkan total jumlah blangko KTP-el yang diterima Pemkab Pasangkayu pada tahun 2018 sebanyak 27.122 keping. Total blangko yang tersisa saat ini sebanyak 800 keping.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.