Penelitian: Air Kelapa Percepat Pertumbuhan Tunas Tanaman

Air kelapa mengandung kalium dan natrium. Selain itu, juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor. Foto: MSN.COM/Melissa Rifkin, MS, RDN, CDN

INIPASTI.COM – Selain menjadi minuman segar air kelapa ternyata dapat digunakan untuk mempercepat munculnya tunas pada tanaman. Demikian hasil penelitian dari Penelitian Balai Penelitian Tanaman Sayuran.

Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah/media. Tanaman yang berkembang biak dengan tunas adalah pisang, tebu, bambu, cocor bebek, pisang, sansevieria/lidah mertua, Aglaonema/sri rejeki, palem merah, kecombrang, sukun.

Inline Ad

Nah, apa sih kandungan air kelapa?

Dijelaskan bahwa air kelapa mengandung kalium dan natrium. Selain itu, juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Baca Juga:  Kementan Konsisten Terapkan Wajib Tanam Bawang Putih

“Kandungan pada air kelapa tersebut mampu merangsang pertumbuhan vegetatif. Salah satunya tunas pada tanaman,” ungkap  Agustina. E. B.R. Marpaung, dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa).

Menurutnya bahan alami itu bahkan lebih baik daripada ZPT sintetis. Itu terbukti dalam penelitian yang dilakukan Agustina bersama rekannya Rina Christina Hutabarat.

Mereka memilih sampel batang tin yang direndam dalam larutan air kelapa. Komposisi 50 persen air kelapa paling cepat memunculkan tunas, yakni dalam waktu 30—60 hari setelah tanam (HST).

Baca Juga:  Kementan Konsisten Terapkan Wajib Tanam Bawang Putih

Perlu diketahui, hormon seperti sitokinin yang terkandung dalam air kelapa memacu pertumbuhan tunas dengan memacu pembelahan sel yang diperlukan untuk proses diferensiasi.

“Selain itu, bibit yang direndam dalam air kelapa 50% juga pertumbuhan tunasnya lebih baik dibandingkan dengan perlakuan lain pada umur 2 bulan dan 4 bulan setelah tanam,“ jelas Agustina.* (Dhirga Erlangga)

 

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.