Penting Diketahui, Cara Olah Tanaman Obat yang Alami dan Praktis

Tanaman herbal tersedia dalam bentuk segar dan kering, ada yang dibuat menjadi serbuk, ekstrak yang dikemas baik dalam bentuk kapsul, pil atau tablet. Foto: kitchenwarehouse.com.au/Inipasti.com

INIPASTI.COM – Obat tradisional atau herbal merupakan tanaman yang diolah dengan cara kuno untuk keperluan pengobatan. Metode yang dilakukan biasanya merupakan resep dari keluarga yang diajarkan secara turun temurun, berasal dari kepercayaan, atau adat budaya di daerah tertentu.

Obat herbal kini banyak dilirik masyarakat karena keampuhannya dalam mengatasi berbagai penyakit tanpa efek samping.

Inline Ad

Herbal tersedia dalam bentuk segar dan kering. Agar praktis dan dapat disimpan lebih lama. Bentuk-bentuk olah herbal alami tersebut ada yang dibuat menjadi serbuk, ekstrak yang dikemas baik dalam bentuk kapsul, pil atau tablet. Berikut ini beberapa teknik olah tanaman obat.

Merebus atau Menggodok Herbal

Merebus adalah cara pemakaian yang paling mudah dan lebih kepraktisan. Beberapa orang lebih menyukai mengolah herbal dengan cara merebus atau menggodoknya berdasarkan resep para herbalis dan mungkin sedikit modifikasi dengan tambahan bahan lain untuk menambah cita rasa, tentunya dengan persetujuan herbalis.

Baca Juga:  Jangan Lagi Konsumsi ini Setelah Umurmu 30, Ini Penjelasannya

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merebus atau menggodok obat herbal adalah wadah yang digunakan sebaiknya jangan menggunakan dari besi atau aluminium karena cukup membahayakan. Racun yang dikeluarkan wadah tersebut bisa mencemari ramuan herbal yang sedang dibuat sehingga dapat mengurangi khasiatnya. Wadah yang digunakan untuk merebus herbal sebaiknya adalah yang anti-karat, tanah liat, atau kaca. Untuk memudahkan merebus, bahan-bahan yang. Berukuran besar seperti umbi-umbian harus diiris tipis-tipis.

Menyeduh herbal

Cara mengolah herbal praktis lainnya yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah dengan cara menyeduh. Menyeduh pada dasarnya sama dengan prinsip merebus. Obat herbal dicampur dengan air panas tanpa proses pemasakan.

Teknik menyeduh ini biasanya digunakan untuk konsumsi herbal yang bentuknya lunak seperti bunga atau  daun segar. Seduhan juga biasa dilakukan pada herbal berbentuk serbuk. Serbuk bisa dibuat dari murni tanaman tunggal atau campuran dari beberapa jenis herbal.

Baca Juga:  Menakjubkan, Ilmuwan Ciptakan Nyamuk Penetralisir Virus DBD

Membuat dalam bentuk ekstrak

Untuk alasan kepraktisan, herbal dibuat dalam bentuk ekstrak atau ekstrak. Ekstraksi adalah proses mengisolasi senyawa aktif dari tanaman obat dengan menggunakan pelarut seperti etanol.

Dalam proses ekstraksi, dibutuhkan banyak bahan baku untuk mendapatkan senyawa aktif yang cukup dari proses tersebut. Ada dua macam ekstrak yang biasa digunakan, yaitu ekstrak alami yang terdiri hanya satu macam obat herbal saja, dan ekstrak campuran yang berasal dari kombinasi beberapa macam obat herbal. Hasil ekstraksi tanaman obat biasanya dikapsulkan agar lebih praktis.* (Nurbaya)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.