Periksa Browser Chrome Anda, Hapus Jika Ada Salah Satu dari 70+ Ekstensi Malware Ini

Foto: inipasti/bldn

INIPASTI.COM, INTERNET – Dikutip dari laman lifehacker.com, sebuah penjelasan yang mungkin berguna buat pembaca inipasti.com, dari David Murphy, Editor Teknologi Senior Lifehacker tentang ekstensi malware yang mungkin telah bercokol di browser Anda, tanpa diketahui sebelumnya.

Suatu hari, kumpulan ekstensi Chrome jelek yang tidak seharusnya Anda gunakan. Sekali lagi, Google telah mengidentifikasi sejumlah pelaku buruk Toko Web Chrome dan memberi mereka boot — tetapi itu tidak secara otomatis menghapus ekstensi malware ini dari browser Anda, jadi Anda mungkin ingin melakukan referensi silang cepat dari ekstensi yang terdengar agak aneh.

Inline Ad

Dengan kata lain, Anda mungkin baik jika semua yang Anda gunakan adalah 1Password dan uBlock Origin . Namun, jika Anda telah menginstal sesuatu seperti, katakan, “Arcade Yum,” sekarang saatnya untuk memeriksa dan (dalam hal ini) menghapusnya.

Tim Duo Security Cisco bertanggung jawab atas penggalian ekstensi berbahaya ini, tetapi investigasi mereka pertama-tama didorong oleh karya peneliti keamanan Jamila Kaya. Dia menggunakan alat CRXcavator Cisco untuk menemukan ekstensi Chrome jelek ini, dengan banyak dari mereka meniru satu sama lain dalam hal vektor serangan dan apa yang mereka coba lakukan kepada pengguna (dan sistem pengguna). Seperti yang dijelaskan Duo:

“Dalam kasus yang dilaporkan di sini, pembuat ekstensi Chrome secara khusus membuat ekstensi yang mengaburkan fungsi iklan yang mendasarinya dari pengguna. Hal ini dilakukan untuk menghubungkan klien peramban ke arsitektur perintah dan kontrol, mengekstrak data penelusuran pribadi tanpa sepengetahuan pengguna, mengekspos pengguna terhadap risiko eksploitasi melalui aliran iklan, dan berupaya menghindari mekanisme deteksi penipuan Toko Web Chrome. Meskipun penelitian ini dan analisis CRXcavator secara umum dapat membantu kami memahami banyak tentang arsitektur dan operasi ekstensi berbahaya tersebut, pertanyaan tentang bagaimana ekstensi harus dipasang pada sistem apa pun bukanlah salah satu yang kami punya data untuk dijawab saat ini. ”

Baca Juga:  Diakuisisi HKEsports, Gamebrott.com siap dominasi MSEA (Asia Tenggara Maritim) 

Menurut Duo, sekitar 1,7 juta pengguna telah memasang 70 atau lebih ekstensi yang awalnya diidentifikasi Kaya. Dari sana, Google mencari dan menghapus total 500 atau lebih ekstensi terkait yang melakukan kegiatan yang serupa dan samar. Meskipun kami tidak memiliki daftar itu — jika saja! —Anda setidaknya dapat memeriksa browser Chrome Anda untuk hal-hal berikut:

Ad offers by Froovr
Ads by MapsVoyage
Advertisement Offers by QuizKicks
Advertisements by ArcadeYum
Advertisements by MapsScout
Advertisements by QuizDiamond
Advertising by MapsFrontier
Advertising by MapsPilot
Advertising Offers by FreeWeatherApp
Advertising Offers by MapsPilot
Advertising Offers by MapsVoyage
Advertisment Offers by GameDaddio
ArcadeCookie Offers
ArcadeFrontier Ads
ClassifiedsNearMe Promos
ClassifiedsNearMe Promos
CouponRockstar Offers
CrushArcade Ads
DearQuiz Advertising
DeluxeQuiz Advertising
EarthViewDirections Promotions
EasyToolOnline Promos
EasyToolOnline Promos
ExpressDirections Ads
ExpressDirections Promos
ExpressDirections Promos
FreeWeatherApp Advertisement Offers
FreeWeatherApp Promos
FreeWeatherApp Promotions
GameDaddio Marketing
GamesChill Ads
GameZooks Advertisements
GoFreeRadio Promos
GreatArcadeHits Ads
JumboQuiz Advertising
LoveTestPro Ad Offers
MapsFrontier Advertisement Offers
MapsFrontier Advertisements
MapsFrontier Advertising
MapsFrontier Advertising Offers
MapsFrontier Promos
MapsPilot Ad Offers
MapsScout Advertising Offers
MapsTrek Offers
MapsTrek Promos
MapsTrek Promos
MapsTrek Promotions
MapsVoyage Ads
MapsVoyage Advertising
MapsVoyage Promotions
Offers by MapsFrontier
Offers by MapsScout
PackageTrak Promos
PackageTrak Promos
PackageTrak Promos
PackTrackPlus Promos
PackTrackPlus Promotions
PackTrackPlus Promotions
PackTrackPlus Promotions
PlayPopGames Ads
PlayThunder Offers
PlayZiz Advertisements
ProMediaConverter Promotions
QuickNewsPlus Promos
QuizFlavor Advertising
QuizPremium Advertisements
RecipeAlly Promos
SuperSimpleTools Promos
SuperSimpleTools Promos
YoYoQuiz Advertisements
YoYoQuiz Promotions

Baca Juga:  Kerja Sama PT Telkom dan Pemkab, RTH Syekh Yusuf Bakal Dilengkapi Wifi Gratis

Jika Anda memiliki ekstensi apa pun yang terpasang seperti di daftar ini, hapus ekstensi itu — itu malware. Ke depan, pastikan Anda melakukan lebih dari sekadar menggunakan ulasan di Toko Web Chrome sebagai faktor penentu apakah Anda harus memasang ekstensi atau tidak. Baca di seluruh web untuk melihat apakah orang lain menggunakan ekstensi, merekomendasikannya, atau mengatakan sesuatu tentang ekstensi itu.

Baca Juga:  Sekolah Dikabarkan Melarang Gunakan Zoom karena Aplikasi itu Dianggap Tidak Aman

Anda bahkan dapat membuang ekstensi yang Anda pertimbangkan ke alat CRXcavator Cisco , jika Anda ingin mengetahui dengan cepat apakah itu berisiko atau tidak . Alat ini mungkin agak membingungkan bagi orang biasa, jadi, akal sehat — termasuk mengunjungi situs web pengembang ekstensi, berpikir tentang izin yang diinginkan ekstensi, dan mempercayai isi perut Anda — mungkin akan menjadi pertahanan terbaik Anda. Ekstensi memang bagus, tetapi Anda mungkin tidak perlu mengemas peramban Anda dengan mereka.

(lifehacker.com)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.