Perkuat Kode Etik Kelembagaan, BK DPRD Sulsel Gelar Simposium

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel menggelar simposium dengan menghadirkan peserta dari 24 Kabupaten/Kota se Sulsel di Hotel Claro, Jumat malam 17 Desember 2021.

Kegiatan dengan tema “Penguatan Badan Kehormatan dalam Penegakan etika Kelembagaan Parlemen” ini dihadiri oleh ketua DPRD dan anggota BK DPRD se Sulsel.

Inline Ad

Ketua BK DPRD Sulsel, Irfan AB. mengatakan tujuan dilakukan simposium ini untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah dalam menegakan etika parlemen.

“Acara ini sampai Tanggal 19 (Desember) dengan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri besok akan menyampaikan seluruh regulasi dalam penegakan kode etik,” kata Irfan AB. usai pembukaan acara Simposium.

Selain itu, dalam materi akan dilakukan evalusi penegakan kode etik oleh BK serta ekspekatasi masyarakat terhadap lembaga DPRD.

“Narasumbernya dari akademisi, dari mewakili NGO, dan perwakilan Kemendagri,” ucap legislator dari fraksi PAN ini.

Lebih jauh ia menjelaskan tujuan dilakukan simposium ini untuk menyamakan visi. Menguatkan fungsi BK agar dalam pelaksanaan fungsi penegakan kode etik di masing-masing daerah bisa berjalan sebagaimana mestinya. Serta meningkatkan kepercayaan rakyat terhadap DPRD.

“Makanya dalan forum ini kita membicarakan keraguan-keraguan ini. Banyak kendala dan persepsi itu, yang akan kita bicarakan bahkan lebih jauh kamu meminta kepada pusat supaya ada aturan diatas dari Perda yang mengatur kode etik dan tata beracara,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menjelaskan keberadaan Badan Kehormatan menjaga dan mempertahankan marwah DPRD sebagai lembaga yang mewakili aspirasi rakyat.

“Saya juga menjaga marwah lembaga ini, karena saya adalah ketua dan merupakan simbol dari DPRD. Saya juga harus menjaga apa dalam diri saya, karena saya sebagai simbol lembaga ini,” kata Andi Ina.

Ia juga berharap anggota DPRD saling menjaga lembaga parlemen agar menjadi bermartabat dan bisa mewakili aspirasi publik.

(Muh. Seilessy)

Bottom ad

Leave a Reply