Pilkada Sulsel, Sumarsono: Kedewasaan Politik Paslon Tinggi

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono (Istimewa)

INIPASTI.COM, PALOPO – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sulawesi Selatan telah usai, dari 12 Kabupaten/kota berlangsung aman, damai walaupun muncul riak-riak kecil dalam prosesnya, namun semua dapat tertangani.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono mengapresiasi dan dalam semua tingkatan hampir tidak ada masalah. Selain tentunya para paslon penuh kedewasan dalam politik

“semua sangat penuh kedewasaan politik dan mereka sudah saling menyapa bahkan menyampaikan ucapan selamat antar Paslon,” katanya.

Dirjen Otonomi Daerah ini berharap sikap yang diperlihatkan oleh para pasangan calon ini, dapat diikuti oleh para tim sukses dan para pendukungnya, bahwa terpilihnga Paslon dalam Pilkada menjadi kemenangan rakyat Sulsel.

Baca Juga:  Tiga Paslon Bakal Bertarung di Pilkada Takalar

“Mari kita akhiri proses kampanye, akhiri proses perbedaan. Mari kita sama-sama maju tanpa harus melihat lagi yang kemarin pilih apa,” sebutnya.

Yang jelas sekarang masyarakat di Sulsel telah memiliki pemimpin bersama wakilnya tentunya.

“Itu adalah pemimpin kita untuk lima tahun ke depan. Jadi saya kira mari kita bangun semangat kekeluargaan dan kebersamaaan sebagaimana nilai tata atau budaya Sulsel,” ujarnya.

Melalui nilai sipakaianga (saling mengingatkan) sipakalebbi (memanusiakan sesama manusia), sipakainge (merupakan sifat saling mengingatkan) dan sipatokkong (juga bisa diartikan saling membantu).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Pilkada Sulsel) di 24 Kabupaten/Kota, Minggu (8/7) hingga Senin (9/7).

Baca Juga:  Ketua PP Ansor: Dukung Agus Arifin Nu'mang di Pilgub Sulsel

Pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah-Andi Surdirman Sulaiman (Prof Andalan) memperoleh suara sebanyak 1.867.303 suara.

Pasangan nomor urut 1 Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) memperoleh suara sebanyak 1.162.751 suara. Pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar (IYL-Cakka) memperoleh suara sebanyak 807.330 suara.

Sementara, pasangan nomor urut 2 Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo memperoleh suara sebanyak 419.055 suara.

(Iin Nurfahraeni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.