PKS Beri Catatan Kinerja Jokowi-JK Selama 4 Tahun

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.
Top Ad

INIPASTI.COM, JAKARTA, – Pemerintahan Jokowi-JK sudah menginjak usia genap 4 tahun. Sejumlah program yang tercapai maupun belum jadi sorotan. Tak terkecuali dari kalangan parpol koalisi.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyebutkan, hal pertama yang disoroti adalah mengenai slogan ‘Kerja, kerja dan kerja’ ala Jokowi. Dia mengatakan pemerintahan mantan Wali Kota Solo itu memang melakukan kunjungan kerja dengan intensitas tinggi. Tapi, kata dia, tidak menghasilkan suatu terobosan yang baru.

“Kerja mesti menghasilkan terobosan. Turun ke daerah mesti menyelesaikan masalah. Catatan untuk bab kerja ini, kerja keras betul. Tapi, kerja tuntas yang melibatkan perencanaan matang, koordinasi hingga terobosan mengajak publik terlibat, masih belum menonjol. Jadi nilainya 6,” kata Mardani, Senin 22 Oktober 2018.

Baca Juga:  Desakan putus oligarki dan langkah Jokowi memilih Menteri

Soal infrastruktur, Mardani mengapresiasi hasil, kecepatan dan terobosan yang dihasilkan oleh pemerintah Jokowi-JK. Tapi catatan yang harus diperbaiki, menurut dia, mengenai load factor yang tinggi pasca pembuatan infrastruktur.

“Yang terjadi belum ada lonjakan produktivitas dan nilai ekspor atau rasio kontribusi manufaktur kita masih belum beranjak. Artinya infrastrukturnya bukan fungsi pertumbuhan ekonomi. Belum selaras pertumbuhan infrastruktur dengan geliat ekonomi. Nilainya juga 6,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Kecewakan Warga

Terakhir, Mardani menyebut soal bidang sosial di pemerintahan Jokowi-JK. Menurut Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi itu bahwa keterbelahan di masyarakat kerap terjadi. Namun, dia tak menyalahkan sepenuhnya pemerintah soal ini.

“Boleh jadi memang warisan Pilpres 2014. Tapi kualitas kepemimpinan yang lemah membuat kohesi tidak terwujud. Nilainya 6 juga. Jadi lulus tapi ada yang lebih baik,” tutupnya.

(**)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.