Plt Gubernur Sulsel Kukuhkan KSB Sinjai di Lappadata

Top Ad

INIPASTI.COM – Plt. Gubernur Sulsel diwakili Kepada BPBD Prov. Sulsel, H. Firda mengukuhkan personil Kawasan Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Barat, dalam suatu apel KSB berlangsung di lapangan sepakbola Lappadata, Kamis 18 November 2021.

Mengawali pengukuhan, Bupati Sinjai diwakili, Wakil Bupati Andi Kartini Ottong melaporkan, mitigasi dan kesiapsiagaan merupakan kebutuhan dalam upaya mengurangi resiko bencana. Kabupaten Sinjai yang memiliki pesona alam yang indah, akan tetapi sekaligus menyimpan ancaman bahaya longsor dan banjir yang sewaktu-waktu mengancam nyawa manusia.

Inline Ad

Kawasan Siaga Bencana (KSB) merupakan tanggungjawab kita bersama, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha untuk bahu membahu dalam upaya penanggulangan dan mengurangi resiko bencana.

Jumlah peserta KSB 250 orang, memanfaatkan dana sharing antara Kementerian Sosial RI dengan APBD Kabupaten Sinjai. Puncak acara dihadiri Forkompinda Sinjai, Para Pimpinan OPD, Camat serta Lurah setempat.

Pelaksanaan kegiatan KSB ditandai dengan simulasi uji produre penanganan korban bencana Kawasan Siaga Bencana (KSB), diawali dengan rapat di gardu Sosial, mitigasi bencana dan pemasangan jalur evakuasi, pelaksanaan evakuasi, dapur umum lapangan, mendirikan shelter dan layanan dukungan psikososial, disaksikan Direktur Pelayanan Korban Bencana Alam, diwakili Kasi Tanggap Darurat Kemensos RI bersama tim.

Dalam simulasi melibatkan unsur terkait, BPBD Sinjai, Tim Reaksi Cepat Tagana, Damkar, PMI dan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai serta Satpol PP setempat.

Pelaksanaan simulasi mendapat perhatian khusus dari Plt. Gubernur Sulsel sembari menyatakan dalam waktu dekat, BPBD Sulsel juga akan memantapkan kegiatan personil untuk kegiatan simulasi seperti ini, tuturnya (syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply