PP Muhammadiyah: Inovasi Rektor Unismuh Luar Biasa

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pengurus Pusat Muhammadiyah, Prof Dr H Edy Suandi Hamid MEc
Top Ad

INIPASTI.COM, GOWA – Melihat inovasi Unismuh Makassar yang menyentuh sektor peternakan ayam dan pertanian menuai apresiasi. Inovasi itu memang sedang dituntut oleh pemerintah.

“Jadi inovasi yang dilakukan Rektor Unismuh Makassar ini menurut saya sesuatu yang luar biasa yang perlu ditiru, tidak hanya perguruan tinggi Muhammadiyah, tetapi juga perguruan tinggi lainnya,” tegas Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dr H Edy Suandi Hamid MEc.

Penyataan itu ditegaskan oleh Prof Edy Suandi kepada media usai membawakan kuliah umum di hadapan civitas akademika Unismuh Makassar di Pusdiklat Unismuh Makassar di Bolangi Gowa, Senin, (11/11/2019). 

Dijelaskan, inovasi yang ditempuh  Unismuh Makassar ini mengurangi beban ketergantungan dari mahasiswa.

Pada sisi lain, pertanian itu adalah sektor paling banyak menyediakan lapangan kerja dan kehidupan bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dan bahkan juga Indonesia.

“Unismuh Makassar menghidupi, meningkatkan kesejahteraan petani-petani di daerah itu. Apalagi pertanian juga penyumbang PDRB yang signifikan,” kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yokyakarta dua periode pada masanya ini. 

Baca Juga:  UNM Segera Buka Prodi S3 Pendidikan IPS

Lewat inovasi yang ditempuh Unismuh Makassar, mendorong juga PDRB Sulawesi Selatan akan terus  meningkat.

Langkah inovasi Unismuh Makassar ini supaya tidak hanya tergantung dari pendanaan mahasiswa dan hal tersebut telah dilakukan kampus di luar negeri.

Misalnya itu ada yang namanya perguruan tinggi di Inggris Harper Adams University.

Kampus ini menyuplai banyak kebutuhan hasil pertanian dan peternakan pada  organisasi se Inggris, kata Ketua Pusat APTISI di masanya ini.

Harper Adams University ini , mirip IPB-nya Inggris jadi kampus ini tidak hanya teori, tetapi juga praktek bisnis sehingga mampu mensuplai daging sapi sebagian besar di Inggris dari kampus tersebut.

Kuliah umum ini mengusung tema “Peningkatan Mutu Berkelanjutan dan Internasionalisasi PTM.

Rektor Unismuh Makassar diwakili Wakil Rektor I, Dr. Ir. H.Abdul Rahim Nanda, MT dalam sambutannya mengatakan kegiatan kuliah umum ini sangat urgent dalam menyikapi perkembangan dan perubahan dimasa mendatang.

Baca Juga:  Unismuh Jalin Ratusan Bentuk Kerja Sama di Dalam dan Luar Negeri

Strategi kampus menghadapi perubahan itu harus secepatnya melakukan adaptasi secepat perubahan itu, kemudian kampus melakukan inovasi yang kelak menjadi pemicu akselerasi kampus.

Menghadapi perubahan yang sangat cepat itu tidak boleh ada PTM yang diam terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya, kata doktor ilmu teknik PPs-Unhas ini.

Turut Hadir Ketua BPH Unismuh Makassar, Dr. Ir. H.M Saiful Saleh, M.Si, Wakil Rektor II, Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, Wakil Rektor lll, Dr. Muhammad Tahir, M.Si, Wakil Rektor IV, Ir. H Muh Saleh Molla, MM.

Hadir juga Ketua LPM Unismuh, Dr. H. Lukman Hakim, M.Si, Ketua LP3M, Dr. H.Abu Bakar Idham, M.P, Direktur KHP, Dr. H. Mahmud Nuhung, MA, Direktur Pascasarjana, Dr. H. Darwis Muhdina, M.Ag serta para dekan, wakil dekan dan kaprodi Unismuh Makassar.

Baca Juga:  Dua Dosen FKM UMI Dapat Hibah Penelitian Disertasi Doktor

Selain itu, turut hadir Ketua STISIPOL Muhammadiyah Sinjai, Dr. Umar Congge, S.Sos., M.Si, ketua STKIP Muhammadiyah Barru, Dr Andi Fiptar Abdi Alam, M.Si. (Ma’ruf/Yahya)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.