Prodi Magister Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Unhas Raih Akreditasi A

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Program Magister (S2) Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, yang merupakan program studi di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas berhasil memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan BAN-PT Nomor 7542/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2020, tertanggal 17 November 2020.

Dalam penjelasannya pada Selasa (24/11), Dekan FEB Unhas, Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, M.Si, CIPM, mengungkapkan rasa bangga dan bahagia atas capaian ini. Hasil Akreditas A merupakan lompatan luar biasa, sebab sebelumnya Program Studi Magister Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan ini berstatus terakreditasi minimum (setara C).

Inline Ad

Prof. Rahman Kadir menjelaskan bahwa kunci utama keberhasilan mencapai akreditasi membanggakan ini adalah sinergi, komitmen, dan kesiapan data. Dalam proses persiapan akreditasi, FEB membangun sinergi yang erat dan terus menerus antara Ketua Program Studi (KPS), Gugus Penjaminan Mutu Fakultas (GPMF), serta unsur lainnya yang terlibat.

Baca Juga:  STKIP Muhammadiyah Barru Terima Dana Hibah Kementerian Lingkungan Hidup

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas konsistensi Ketua Program Studi dan GPM. Kami memberikan kepercayaan kepada GPM untuk menjadi ujung tombak dalam persiapan akreditasi. GPM secara serius mempersiapkan data dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi standar akreditasi,” kata Rahman Kadir.

Sebagai perguruan tinggi yang berada pada Klaster Pertama dalam klasterisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan berada pada peringkat ketujuh nasional, Unhas sejatinya telah memiliki landasan yang kuat untuk memenuhi standar mutu akademik pada setiap program studi. Hal ini merupakan potensi yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh elemen program studi dalam setiap proses akreditasi dan re-akreditasi.

Baca Juga:  Peserta Rakernas Asosiasi LPTK-PTM Se-Indonesia Saksikan Sunset di Lantai 18 Kampus Unismuh

“Dalam hal ini, komitmen pimpinan memainkan peranan strategis, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun program studi. Kita bersyukur karena Rektor Unhas dan pimpinan mempunyai komitmen yang kuat untuk peningkatan mutu. Kami di fakultas juga menunjukkan komitmen yang sama,” kata Rahman Kadir.

Capaian ini menjadi semakin banyak program studi Unhas yang terakreditasi A, baik oleh BAN-PT maupun oleh lembaga akreditasi mandiri. Dari 160 program studi seluruh jenjang (S1, S2, S3, profesi dan spesialis), 66,25% diantaranya telah terakreditasi A.

Sementara khusus untuk program magister, dari jumlah 25 program studi magister (S2) yang ada di Unhas, sebanyak 13 program studi atau 52% diantaranya terakreditasi A.(*/ir)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.