Produk Abon Ikan Tuna Jadi Andalan UP2K Berkah Malindo

Tim Monitoring dan Evaluasi UP2K PKK Sulbar saat berkunjung ke Sarjo, April 2017

INIPASTI.COM, MAMUJU UTARA – Sejak berdiri pada tahun 2012, salah satu kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Berkah Malindo yang terletak di Kecamatan Sarjo, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) terus mengembangkan produk-produk Home Industrinya.

Beberapa produk yang dimiliki yaitu, Keripik Tortilla, Kue Kering Baruas dan Abon Ikan Tuna. Ketua Kelompok UP2K Berkah Malindo. Suryanti menjelaskan, sejak berdiri sekitar enam tahun lalu, kelompok usaha ini telah mampu memberikan hasil yang cukup baik, terutama untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Inline Ad

“Beberapa produk tadi yang paling banyak terjual adalah abon ikan tuna bahkan telah menyasar pangsa pasar sampai ke luar provinsi, Sulawesi Tengah,”kata Suryanti.

Baca Juga:  DPRD-Pemkab Pasangkayu Sepakati Perda APBDP 2019

Suryanti menyebutkan, untuk satu kali produksi abon ikan tuna dalam sehari mampu menghasilkan 5-8 Kg, ” karena alat yang digunakan masih manual, sehingga hasilnya memang masih terbatas,”terangnya.

UP2K adalah salah satu program.yang dilaksanakan untuk meningkatkan pendapatan dan menjaga ketahanan keluarga. Berkembangnya Kelompok UP2K Berkah Malindo, membuatnya dipercaya mewakili Mamuju Utara dalam ajang lomba 10 program PKK tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang diadakan pada April lalu.

Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Matra Asriani Natsir mengungkapkan kegiatan UP2K ini.diharapkan akan semakin memberi nilai tambah buat para anggotanya, sehingga dapat dirasakan lebih banyak lagi,termasuk untuk kesejahteraan dan pendapatan mereka ketika masuk dalam satu kelompok produk.

Baca Juga:  Pemda Matra Giat Melakukan Pencanangan Kampung KB

“Dengan adanya Home Industri ini, bisa memberikan tambahan pendapatan bagi Ibu Rumah tangga,” terangnya. (Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.