Prof Irwan Akib Resmi Jabat Direktur Pascasarjana Unismuh Periode 2022 -2025

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pelaksana Harian Rektor Unismuh Makassar, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda atas nama rektor resmi melantik Guru Besar Unismuh, Prof Dr H Irwan Akib, M.Pd periode 2022 – 2025 sebagai Direktur Pascasarjana Unismuh menggantikan Dr H Darwis Muhdina.

Pelantikan ini dihelat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Kamis 30 Juni 2022.

Inline Ad

Pelantikan disaksikan Ketua BPH, Prof Dr H Gagaring Pagalung, Rektor Unismuh Prof Dr H Ambo Asse, PWM Sulsel, Dr HM Syaiful Saleh, Wakil Rektor II, Dr H Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I.

Hadir pula Direktur Pascasarjana, Dr H Darwis Muhdina periode sebelumnya, para dekan, wakil dekan serta para kepala Biro, Lembaga dan Badan se Unismuh.

Rektor Unismuh Prof Dr H Ambo Asse mengawali sambutannya menyampaikan berita gembira. Dikatakan hasil keputusan Tanwir Muhammadiyah sesuai dengan keinginan PWM Sulsel dimana pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah di Solo dilaksanakan secara luring. Dan penggembira diberi kesempatan bagi penggembira untuk hadir dengan tetap mengikuti aturan yang ditetapkan.

Terkait dengan pelantikan Direktur Pascasarjana Unismuh telah menyampaikan penghargaan yang setinggitingginya kepada Dr H Darwis Muhdina bersama tim Pasacasarjana atas pengabdiannya selama ini hingga Pascasarjana Unismuh tetap eksis sampai sekarang.

Dan kepada pejabat baru, Rektor Prof Ambo Asse juga menyampaikan kalau Pascasarjana itu satu sistem dengan universitas dan tidak terpisah dari sistem tatakelola universitas. Karena itu rektor berharap direktur baru dapat mengantar tatakelola Pascasarjana dengan baik.

“Prodi- prodi yang sudah lama di Pascasarjana bisa lebih ditingkatkan akreditasinya lebih baik lagi ini dalam rangka mendukung universitas menuju akreditasi unggul,”ujar Prof Ambo Asse.

Ambo Asse juga berharap kepada Direktur Pascasarjana Unismuh yang baru dilantik memiliki semangat baru menata Pascasarjana lebih baik.

Sementara itu, Ketua BPH, Prof Gagaring Pagalung, dalam kesempatan ini memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur Pascasarjana sebelumnya atas kerjanya selama ini dan juga menyampaikan selamat kepada pejabat baru.

Prof Gagaring juga menyampaikan sharing bahwa di era repolusi industri 4.0 terjadi perubahan perkembangan IT yang sangat maju, kecepatan perkembangan teknologi yang luar biasa serta cakupan ilmu pengetahuan mulai dari pendidika SI hingga S2 dan seterusnya cukup luas sehingga tantangan yang dihadapi terutama pajabat baru cukup berat.

“Dan kalau perguruan tinggi tidak bisa mengikuti setiap perkembangan yang terjadi bagitu cepat maka akan tertinggal. Kalau dulu perguruan tinggi sebagai pasar penyedia maka diera disrupsi (disruption era) bukan lagi sebagai pasar penyedia tetapi sudahenjadi pasar pembeli, karenanya ini perlu diakomodasi didalam proses pembelajaran,”katanya.

Dikatakan Prof Gagaring salah satu corak model pembelajaran di Pascasarjana ada multidisiplin ilmu dan ini bisa menjadi ciri Unismuh yang belum tentu bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi lainnya. Menurutnya lagi tidak hanya multidisiplin yang ada diperguruan tinggi tetapi ada interdisiplin dam bahkan transdisiplin.

“Ini perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang lebih baik. Tidak cukup cuka itu tetapi sumber daya manusianya juga perlu diasah,”ujarnya.

Sementara amanah PWM Sulsel Dr HM Syaiful Saleh optimis dibawah kepemimpinan Prof Irwan Akib Pascasarjana Unismuh bisa terus berkembang. ” Prof Irwan sudah banyak pengalaman sebagai pejabat di pemerintahan dan lulus,”tutup Syaiful Saleh

Pada bagian lain pelantikan Prof Irwan disambut dengan suka cita civitas akademika Unismuh Makassar. Banyak berharap dengan terpilihnya Prof Irwan Akib, Pascasarjana Unismuh bisa semakin berkembang.

Sehari sebelum pelantikan hingga pelantikan, Kamis 30 Juni 2022 ucapan selamat di media sosial terus mengalir tidak hanya datang dari civitas akademik Unismuh Makassar tetapi juga dari kalangan wwarga Muhammadiyah.

Ucapan selamat seperti datang dari Pesmadina Unismuh, IKA PPs Unismuh, Galeri Investasi Unismuh, KSPM Unismuh, PUT Unismuh, Ma’ had Al-Birr, para dekan, wakil dekan serta dosen maupun karyawan.

Dipilihnya Prof Irwan Akib sebagai Direktur Pascasarjana Unismuh periode 2022 – 2025 dianggap pilihan yang sudah tepat, apalagi sekarang ini Unismuh sedang menuju unggul 2024.

Selama ini Prof Irwan Akib sudah punya pengalaman memimpin Unismuh, yakni pernah menjabat sebagai rektor Unismuh selama dua periode serta beberapa jabatan di pemerintahan dan pengalaman inilah menjadi modal untuk bisa lebih memajukan Pascasarjana Unismuh.

Sekadar diketahui Program Pascasarjana Unismuh sekarang ini sudah membina tujuh program studi magister, yakni, Magister Manajemen, Magister Ilmu Administrasi Publik, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Agribisnis, serta S3 Pendidikan Agama Islam dan S3 Pendidikan.

(Humas Unismuh)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.