Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kimia Unhas Raih Akreditasi A

INIPASTI.COM, Universitas Hasanuddin kembali menerima kabar menggembirakan. Program studi doktor (S3) Ilmu Kimia, yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), berhasil meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dekan Fakultas MIPA Unhas, Dr.Eng. Amiruddin, M.Si, melalui wawancara Selasa (1/12) mengungkapkan rasa bahagia atas capaian ini. Prodi S3 Ilmu Kimia telah berusia 18 tahun, selama ini berstatus akreditasi B. Capaian Akreditasi A saat ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak dalam rangka komitmen mencapai kualitas akademik yang tinggi.

Inline Ad

“Kami memang berusaha semaksimal mungkin memenuhi standar akreditasi yang disyaratkan BAN PT. Selama ini, kami sebenarnya telah memiliki dasar yang kuat dalam hal kualitas akademik. Tinggal menunjukkan bukti melalui pengisian borang secara sistematis,” kata Amiruddin.

Sebagaimana fakultas lainnya di lingkungan Unhas, Fakultas MIPA menerapkan sistem pelaksanaan penjaminan mutu yang ketat. Selain memenuhi kualifikasi proses akademik, tidak kalah penting adalah dukungan dari fasilitas, terutama fasilitas laboratorium.

Baca Juga:  Ners FKM UMI Unggul di Bidang Program OSCE

“Kami mempunyai beberapa laboratorium yang saat ini sedang dalam proses untuk akreditasi. Peralatan yang dimiliki oleh laboratorium kami dilengkapi dengan peralatan yang baru, sehingga mendukung proses penelitian dosen dan mahasiswa,” lanjut Amiruddin.

Salah satu pihak yang berperan penting dalam pemenuhan standar akreditasi kali ini adalah stakeholder pengguna, yaitu dunia kerja yang memanfaatkan sumber daya manusia alumni program S3 Ilmu Kimia Unhas. Pengguna alumni tersebar dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, seperti Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BPPHP), Dinas Pertanian, serta dunia industri.

“Pengguna alumni kami mengakui bahwa kurikulum yang dibangun pada prodi S3 Ilmu Kimia Unhas sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Hal ini memberi nilai tambah dalam penilaian asesor,” kata Amiruddin.

Baca Juga:  Alasan UINAM Berlakukan Parkir Berbayar

Program Studi Doktor Ilmu Kimia Unhas didukung oleh 19 staf pengajar lulusan berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Program ini juga didukung instrumen analisis dan karakterisasi yang modern, fasilitas komputasi, perpustakaan dan beberapa alat instrument seperti IR, GC-MS, XRD, XRF, ICP, LC-MS sehingga mampu menghasilkan output penelitian yang berkualitas.

Secara khusus, Amiruddin menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak. Mulai dari pimpinan universitas yang memberikan ruang luas bagi langkah-langkah peningkatan mutu akademik, jajaran pimpinan fakultas, dan terkhusus kepada pimpinan program studi. Tidak kalah pentingnya adalah peranan dosen dan tenaga kependidikan.

“Ini adalah hasil kerja kolaborasi. Masing-masing memainkan peran yang penting dalam proses mulai dari penyusunan borang hingga visitasi. Atas nama pimpinan fakultas, kami menghaturkan terima kasih,” tutup Amiruddin.(*/ir)

Makassar, 1 Desember 2020

Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Baca Juga:  Forum Tagana Sulsel Terbentuk, Ini Personilnya

Ishaq Rahman, AMIPR

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.