Rangga Sosialisasi Kebangsaan di Takalar

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Golkar, Fahruddin Ragga melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama, di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu 17 April 2021.

Kegiatan sosialisais ini mengambil tema keagamaan karena bertepatan dengan bulan suci ramadhan 1442 H. Dalam kegiatan sosialisasi ini Fahruddin Rangga menghadirkan narasumber utama DR. H. Burhanuddin Baharuddin.

Inline Ad

Narasumber kedua yakni Syaiful Mile, yang memberikan materi tentang keagamaan menyangkut nilai nilai dan makna bulan suci ramadhan yang dihadiri ratusan masyarakat dari keterwakilan beberapa elemen masyarakat.

Adapun elemen masyarakat yang hadir adalah keterwakilan tokoh masyarakat, tokoh Agama, ormas, perwakilan parpol, tokoh pemuda dan tokoh Perempuan dari beberapa desa/dusun yang ada di wilayah kecamatan Mangarabombang. Walaupun dalam kondisi berpuasa tetapi respon peserta begitu antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

Baca Juga:  Sosialisasi Perda, DM Gandeng Akademisi dan Aktivis Perempuan

Sebagai penanggungjawab kegiatan sosialisasi, Fahruddin Rangga menggambarkan prinsip -prinsip dasar perlunya kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan ini sebagai tambahan pengetahuan dan pemahaman terhadap kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bagaimana menumbuhkan rasa patriotisme dalam diri kita bukan hanya sekedar slogan tetapi perlu secara mendalam memahami maknanya,” kata Rangga sapaan akrab politisi Golkar Sulsel itu.

Sementara, Burhanuddin Baharuddin sebagai narasumber utama mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui anggota DPRD Sulsel dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan perlu disikapi secara bijak dan direspon positif.

“Karena ini sebuah langkah maju untuk lebih menanamkan rasa kebangsaan dalam memberikan pemahaman yang mendalam terhadap nilai nilai terkandung dalam 4 pilar kebangsaan yakni UUD 45, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Oleh karenanya bangsa ini besar dan disegani karena rasa persatuan dan patriotismenya yang tinggi terhadap Pancasila dan UUD 1945,” papar Burhanuddin.

Baca Juga:  Rangga Pantau Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Takalar

Materi keagamaan yang disampaikan oleh Syaiful Mile, lebih kepada hal yang menyentuh nilai nilai puasa ramadhan yang akan lebih memperkokoh rasa solidaritas sesama anak bangsa, dan mengurai pentingnya hakikat puasa dalam menumbuhkan tingkat keimanan.

“Oleh karena itu kegiatan keagamaan seperti ini adalah bagian dari menumbuhkan nilai nilai kebangsaan kita,” ujar Syaiful Mile.

Sebagai penutup dari kegiatan sosialisasi ini, Rangga menyampaikan bahwa tugas konstitusi yang dijalankan merupakan langkah menumbuhkan rasa cinta berbangsa dan bernegara.

“Karena tanpa kita sadari bahwa kita sudah mengambil peran dalam menumbuhkan dan menanamkan nilai nilai kebangsaan kita,” tutup Rangga.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.