Rangga Sosialisasi Perda Percepatan Pembangunan Desa di Takalar

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar Fahruddin Rangga kembali melaksanakan titik kedua kegiatan Penyebarluasan Produk Hukum Daerah terkait Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Percepatan Pembangunan Perdesaan di Desa Mangindara, Kecamatan Galesong Selatan  Kabupaten Takalar,  Sabtu 14 November 2020.

Dalam pelaksanaannya dihadiri masyarakat yang ada di desa tersebut dan desa sekitarnya, yang nampak kehadirannya begitu antusias mengikuti penjelasan dari narasumber mantan bupati takalar periode 2012-2017, Burhanuddin Baharuddin.

Inline Ad

Jumlah undangan yang disebar 170 lembar, namun peserta yang ikut menghadiri melebihi jumlah undangan yang diedarkan tenaga pendamping dan petugas tenaga lapangan, dan pengaturan pelaksanaan tetap mengikuti protap protokol kesehatan masa pandemi covid-19.

Rangga sapaan akrabnya sebagai pembicara pertama memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan dari perda nomor 9 tahun 2019 ini dibuat, bahwa desa adalah bagian yang harus mendapat perhatian dalam pelaksanaan  pembangunan sehingga diperlukan sebuah regulasi untuk memfasilitasi.

Baca Juga:  Rangga Sosialisasi Perda Percepatan Pembangunan Desa di Takalar

“Oleh karena itu keberadaan perda ini akan semakin memberi peluang dan kesempatan percepatan pembangunan yang ada di wilayah pedesaan, yang implikasinya diharapkan dapat  mendorong percepatan peningkatan  perekonomian desa,” kata Rangga.

Lebih lanjut Rangga  memberikan dorongan dan  mengharapkan kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan ini menjadi mendiator utama untuk menyampaikan secara luas ke masyarakat lainnya, tentang maksud dari keberadaan perda ini, sehingga dengan demikian masyarakat luas akan memahami maksud dan tujuan peraturan daerah ini dibuat.

Sementara Burhanuddin Baharuddin dalam penjelasannya selaku narasumber menguraikan bahwa perda ini sangat bermanfaat karena bisa mendorong percepatan pembangunan yang ada di desa dengan kucuran anggaran dari Pemprov Sulsel.

Baca Juga:  Dewan Sarankan Pembangunan Bendungan Lalengrie Bone Disetop Sementara

“Agar anggaran bantuan yang dikeluarkan Pemprov Sulsel dapat tersalurkan langsung ke desa-desa dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Daeng Tompo selaku mantan Kepala Desa Mangindara Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar menyampaikan harapan agar desa ini menjadi bagian yang mendapat perhatian.

Narasumber lainnya, Abd. Rachman, selaku tenaga medis dan mantan kepala puskesmas salah satu puskesmas di Takalar  yang merupakan pembicara terakhir dalam materinya menguraikan tentang sistem pencegahan dan penanganan virus covid 19, dan menekankan pentingnya mengikuti setiap himbauan pemerintah terkait pencegahan penularan dan penyebaran covid 19.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.