Rektor Prof Ambo Asse Gembira Membuka Baitul Arqam FISIP Unismuh Makassar

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Dosen dan karyawan FISIP Unismuh, Makassar mengikuti Baitul Arqam (BA) pada Sabtu-Ahad 21-22 Mei 2022 di Mini Hall Lt5 Fisip Gedung Iqra Unismuh.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H. Ambo Asse, M.Ag membuka secara resmi acara tersebut, Sabtu pagi 21 Mei 2022.

Inline Ad

Saat memberi sambutan, Prof Ambo Asse mengatakan, gembira membuka acara Baitul Arqam Fisip, karena sudah banyak peserta saat masuk ruangan. Biasa malah saya pertama yang hadir di acara, katanya.

BA ini guna meneguhkan ideologi Muhammadiyah sehingga dengan demikian pengamalan nilai- nilai Islam Kemuhammadiyahan tetap kuat dalam mengawal amal usaha Muhammadiyah.

“Hal ini sesuai tema diusung oleh panitia, Teguhkan Ideologi, Kuatkan Sinergi dalam Merawat Kampus Berkeadaban. Baik dosen maupun karyawan harus aktif di Muhammadiyah, apakah cabang, atau ranting,” ungkapnya.

Orang yang beraktifitas di Muhammadiyah Insya Allah memiliki aqidah yang kuat, ibadahnya baik dan selalu ikhlas dalam berbuat, tandasnya.

Dekan FISIP Unismuh Makassar Dr Ihyani Malik MSi, pada sambutannya menyatakan terima kasih kepada para dosen dan karyawan atas kesediaan mengikuti BA. Bahkan sampai H-2 dijapri dosen untuk memastikan kesiapan mengikuti BA ini.

“Mudah-mudahan dosen dan karyawan mengikuti sampai selesai tanpa ada pulang, tetapi bersama menginap satu malam di kampus ini untuk memperbaiki faham, dan pengamalan agama kita sesuai tuntunan Rasulullah SAW”, ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana BA, Wakil Dekan IV FISIP Unismuh Makassar, Muh Amin Umar, S.Ag, M.Pd.I, dalam laporannya menyatakan, peserta BA ini diikuti dosen yayasan dan DPK Dosen Yayasan Muhammadiyah sebanyak 40 orang dan dosen DPK14 orang.

“Akan tetapi tidak semua ikut kegiatan ini termasuk Wakil Dekan 1, menyelesaikan studi di Yogya, Wakil Dekan II kuliah di Italia dan Wakil Dekan III lagi sakit,” ungkapnya.

Ditambahkan, BA ini menyajikan materi di hari pertama, empat materi diantaranya: Profil Kader Muhammadiyah dibawakan oleh Ustad Drs Samsuriadi P Salenda MA, Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih Muhammadiyah disajikan oleh Dr Abbas Baco Miro Lc MAg.

Materi selanjutnya Hakekat Islam Peran Tauhid dalam Kehidupan, disampaikan oleh KH. Ahmad Tawalla, dan Paham Agama dalam Muhammadiyah disampaikan, Husain Abd Rahman SPd MPdI.

Hari kedua ada tiga materi disajikan yakni; Khittah Perjuangan (Politik Kenegaraan) Muhammadiyah dan Konsep Darul Adi Wa Syahadah dibawakan, Dr Syarifuddin Jurdi S.Sos MSi.

Materi kedua PHIWM dalam Mengelola AUM dibawakan Prof Dr H Irwan Akib MPd, serta materi terakhir menjelang penutupan adalah Menejemen Organisasi dan Akhlak Bermuhammadiyah dibawakan Dr Ir H Muh Saiful Saleh MSi.

Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel menurunkan Tim Instruktur, Master of Training, Drs Amir, MR, M.Pd.Vice of Master: Ya’kub, S.Pd.I, M.Pd.I. Imamah Of Training, Dr.M.Ilham Muchtar, Lc, MA. Anggota: Dra.Jumiati Nur, M.Pd dan Dr.Siti Suada Rimang, M.Hum.***

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.