Rektor Unismuh Makassar Kunjungi Universitas Oxford Inggris

Rektor Unismuh Makassar, DR H Abdul Rahman Rahim, SE,MM saat melakukan kunjungan di Universitas Oxpord di Britania Raya, Inggris. (ist)

INIPASTI.COM, MAKASSAR- Sudah sepekan perjalanan Rektor Unismuh Makasar, Dr H Abdul Rahim, SE,MM ke Eropa bersama dengan Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Lincolin dan sejumlah rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Rektor Rahman Rahim bersama rombongan, Kamis 13 September 2017, kembali mengunjungi sebuah perguruan tinggi paling bergensi di Inggris, yakni Oxford University. Pihak Oxford University menjelaskan beberapa sejarah terkait pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tokoh/ilmuan yang berasal dari Perguruan Tinggi ini yang sekarang hasilnya telah mendunia seiring dengan usia yang ke 300 tahun perguruan tinggi ini.

Pihak Universitas Oxford mengatakan, mereka menata kampus ini city of higher education (kota yang berpendidikan tinggi) yang didalamnya terdapat seluruh kebutuhan civitas akademika seperti akomodasi, konsumsi, toko belanja dan sekaligus kota wisata dan lainya.

Baca Juga:  Indri Pimpin MPM STIE WIRA Bhakti

Rahman Rahim dari Eropa melaporkan, bahwa dalam sejarah Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford. Didiirikan pada abad ke 11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tidak jelas. Dan menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke Timur Laut ke kota Cambridge dan mendirikan Universitas Cambridge.

Sejak itu kedua universitas ‘Kuno’ saling bersaing satu sama lain dan merupakan dua perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya yang sering dirujuk sebagai ‘Oxbridge’. Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat divisi.

Sejak berdirinya hingga sekaran ini telah melahirkan banyak alumni terkemuka dan penerima hadiah nobel , pernah belajar dan memiliki apiliasi di Universitas Oxford. Univrsitas Oxpord ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemerinkatan Universitas di Britania Raya dan menjadi salah satu dari dua Universitas dengan progam pascasarjana paling bergensi.

Baca Juga:  Siapkan Bahan Ajar, Kewajiban Sebelum Mengajar

Sejarah juga mencatat, bahwa peringkat Universitas di dunia Times Higher Education pada 2012 Oxford University adalah salah satu perguruan tinggi bergensi di dunia. Dalam Times Higher Education World University Rangkin 2013, Oxford Universitiy menempati posisi dua dibawah Universitas Harvard atau yang pertama di Britania Raya dan Eropa.

Dalam sejarah pula Oxford University telah menempati posisi satu selama tiga tahun bertutut-turut dalam pemeringkatan ‘Clinical, Pre-Clinical dan Health’. Oxford juga telah menduduki posisi pertama dalam pemerinkatan yang dilakukan oleh Times Good University Guide’ selama 11 tahun berturut-turut dan berada di posisi kedua dalam pemerinkatan The Guardian pada tahun 2013.(nasrullah)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.