Resonansi Buku: Meraih Kekuatan Al-Quran

Oleh: M. Lili Nur Aulia

INIPASTI.COM, Ghurbatul Qur’an, artinya, Keterasingan Al-Qur’an. Benarkah Al-Qur’an telah menjadi asing? Apa isi buku ini?

Inline Ad

Penulis buku, DR Majdi Al-Hilali menyadari betul adanya kesenjangan yang cukup lebar antara Al-Qur`an sebagai kekuatan sangat hebat dan energi sangat besar bagi umat Islam, saat ini belum difungsikan secara optimal.

Kesenjangan kita dengan Al-Qur’an itu, menurut penulis berasal dari kesalahan persepsi yang berlanjut pada kekeliruan interaksi terhadap Al-Qur`anul Karim.

Karena itu, di bab-bab awal, penulis menjabarkan bagaimana seharusnya interaksi kita terhadap Al-Qur`an, melalui ragam dalil hadits, atsar, generasi tabi’iin dan taabi’ut taabi’in, juga perkataan para ulama kontemporer.

Kecenderungan pada Al-Quran dalam bentuk apapun, tidak boleh mengurangi fungsi utama Al-Quran untuk dijadikan petunjuk. Sebuah pedoman dan petunjuk takkan bisa difungsikan jika hanya dibaca, diperdengarkan bahkan dihafal, tanpa berusaha dipahami, didalami, diteliti, lalu tentunya dilaksanakan dan diperjuangkan.

Sejumlah fakta dihadirkan, terkait bagaimana penyikapan kita terhadap Al-Quran. Dengan itulah, penulis ingin memberikan pandangannya untuk meluruskan kekeliruan-kekeliruan sikap kita yang banyak terjadi, terhadap Al-Quranul Karim.

Apa contohnya? Terlalu fokus pada menghafal tapi mengabaikan pemahaman ayat yg dihafal. Terlalu menargetkan cepat khatam dgn tanpa merasakan apa yg dibaca. Terlalu menekankan cara mengucapkan huruf hingga melewati pentingnya memahami Al-Qur’an dan lain-lain.

Kita semua pasti bersyukur dengan perkembangan menjamurnya berbagai sekolah dan pesantren yang menekankan penghafalan Al-Quran. Bersyukur dengan hadirnya berbagai halaqah Al-Quran yang mengajarkan cara membaca hingga tahsin yang menyebar di berbagai penjuru negeri.

Namun beragam fakta yang menggembirakan itu, tidak boleh mengabaikan atau mengurangi perhatian kita kepada pemahaman dan penerapan isi Al-Quran. Umat Islam harus tetap menjaga dan menyadari, fungsi dan tujuan Al-Quran adalah sebagai pedoman bagi kehidupan umat manusia.

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.