Rupiah Tak Berkutik di Hadapan Dolar AS maupun Mata Uang Asia

Top Ad

INIPASTI.COM – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpotensi melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Salah satu alasan lemahnya Rupiah yaitu karena kenaikan harga minyak yang menyebabkan biaya impor komoditas ini menjadi mahal. Akibatnya, neraca perdagangan dan transaksi berjalan akan semakin terbebani dan membuat nilai Rupiah lemah bahkan Rupiah hanya bisa pasrah jika berhadapan dengan mata uang Asia.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Malang betul nasib rupiah. Mata uang Tanah Air benar-benar tidak berdaya, baik di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) maupun satu lawan satu dengan mata uang utama Asia.

Pada Senin (22/7/2019) pukul 13:00 WIB, US$ 1 dihargai Rp 13.962 di perdagangan pasar spot. Rupiah melemah 0,23% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Baca Juga:  SYL : Indonesia Dibutuhkan oleh Dunia

Sejak pembukaan pasar, rupiah memang sudah melemah. Namun seiring perjalanan, depresiasi rupiah semakin dalam.
Hampir seluruh mata uang utama Asia juga melemah di hadapan dolar AS. Akan tetapi, rupiah cukup ‘istimewa’ karena menjadi salah satu yang terlemah di Benua Kuning. Hal ini disebabkan karena kenaikan harga minyak yang merupakan sentimen negatif bagi rupiah. Sebab, Indonesia adalah negara net importir minyak yang harus mengimpor demi memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Saat harga minyak naik, tentu biaya impor komoditas ini menjadi mahal. Akibatnya, neraca perdagangan dan transaksi berjalan akan semakin terbeban. Pasokan devisa dari ekspor-impor barang dan jasa seret, sehingga fundamental rupiah menjadi rapuh. Rupiah pun rentan melemah.

Baca Juga:  OPINI: Rupiah Terpuruk, Bea Cukai Bantu Kuatkan

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 13:02 WIB:
Dolar AS vs Mata Uang Asia

Tidak cuma di hadapan dolar AS, rupiah juga tidak mampu berbicara banyak di hadapan mata uang Asia. Satu lawan satu dengan yen Jepang sampai peso Filipina, rupiah hanya bisa pasrah melemah.

Berikut perkembangan nilai tukar mata uang utama Asia terhadap rupiah pada pukul 13:03 WIB:
Mata Uang Asia vs Rupiah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.