Jelang Pilkada 2018

Sambut Pilkada 2018, Polda Sulsel Bentuk Satgas Money Politik

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono (FOTO/Ahadri).
penulis : Ahadri editor : Inipasti (A)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) kini membentuk satgas money politik, untuk menjaga kondusifitas Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2018.

Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Umar Septono saat bertandang di kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Jum’at (12/1/2018).

Baca Juga  Tim Pemenangan Bur-Nojeng Bantah ASN Terlibat Kampanye

“Satgas Money Politik ini untuk mencegah siapa saja yang bermain dan laporannya itu masuk setiap hari dan langsung dikirm ke pusat,” ungkapnya.

Baca Juga  Target Menang Pilkada, Liga Beringin Indonesia Dipusatkan di Takalar

Selain satgas money politik, Polda Sulsel juga membentuk Satgas Cybercrime dalam pengungkapan kejahatan lewat media sosial selama pilkada 2018 berlangsung.

Dengan adanya Satgas Cyber Crime dan Satgas Money Politik dalam mengamankan Pilkada bisa dicegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Pilkada 2018, Delapan Daerah Akan Dijabat Plt

“Kita mengandalkan kecepatan, dengan adanya seperti ini, Sulsel bisa aman terkendali selama pilkada berlangsung,” pungkasnya.

3 COMMENTS

  1. Pilkada merupakan pesta demokrasi rakyat dalam memilih kepala daerah beserta wakilnya yang berasal dari usulan partai politik tertentu, gabungan partai politik atau secara independen dan yang telah memenuhi persyaratan. Pasca reformasi, demokrasi Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Peningkatan partisipasi publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara disalurkan melalui pengaturan mekanisme yang semakin mencerminkan prinsip keterbukaan dan persamaan bagi segenap warga Negara. Salah satu bentuknya adalah pelaksanaan pemilihan kepala daerah ( pilkada ).

    Mendekati Pilkada serentak 2018 yang akan segera di mulai dengan tahap kampanye. Polri sebagai garda terdepan sudah banyak mempersiapan segala suatu untuk mensukseskan pilkada tahun ini.

    Salah satunya Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan kini membentuk satgas money politik, untuk menjaga kondusifitas Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2018 agar berjalan aman dan damai. Mengapa perlu dibentuk karena melihat kejadian sebelumnya yang selama ini banyak muncul permasalahan2 yang ditemukan seperti politik uang maka perlu adanya Satgas Money Politik yang tujuannya untuk mencegah agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan serta menindak tegas dan mengamankan siapa saja yang berani bermain curang.

  2. Langkah nyata yang dilakukan kepolisian demi terjaminnya kesusksesan pilkada yang akan dilaksanakan di indonesai ebbrapa saat lagi memang sudah mulai terlihat. Satu demi satu tahapan yang dilakukan salah satu institusi keamanan negara ini sudah mulai terlihat pada beberapa pemberitaan dimedia masa dengan kata lain tahapan tahapannya memang sudah dilaksanakan sesusai dengan birokrasi yang ada.

    Dilihat dari beberapa media masa yang menyiarkan pembentukan – pembentukan satgas tersebut ditingkat pusat atau mabes polri ternyata secara cepat merambat kepada jajaran kepolisan daerah ini. Ini juga salah satu bukti sangat kuatnya birokrasi serta loyalitas yang ada dalam insitusi ini. Alih alih membicarakan tentang perhelatan dunia politik yang sedang gencar dalam pemberitaan, apakah ada yang tau tentang maksud dari birokrasi dan loyalitas tersebut. Ternyata Birokrasi ialah sebuah konsep sosiologi dan sains politik yang merujuk kepada cara bagaimanapun pentadbiran melaksanakan dan menguatkuasakan peraturan-peraturan yang sah secara sosial. Pengurusan ini disifatkan dengan tatacara piawai, pembahagian tanggungjawab yang formal, hierarki, dan hubungan tidak pribadi.

    Yang memang ternyata birokrasi itu sendiri sudah menjadi “signature” atau bisa disebut sebagai identitas pada salah satu institusi yang mempunya tugas pokok menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadi sangat wajar jika kekuatan birokrasi diinstitusi ini sangat besar dan setiap perintah yang diberikan langsung dijabarkan dan diturunkan lengsung kepada seluruh jajarannya

  3. Dalam permasalahan tentang money politik atau yang biasa disebut politik uang adalah semua tindakan yang di sengaja oleh seseorang atau kelompok dengan memberi atau menjanjikan uang atau materi lainnya kepada seseorang supaya menggunakan hak pilihnya dngan cara tertentu atau tidak menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon tertentu atau dengan sengaja menerima atau memberi dana kampanye dari atau kepada pihak-pihak tertentu.

    Dan dalam pilkada 2018 polda seluruh jajaran membentuk satgas money politik, seperti polda sulsel yang membentuk satgas money politik untuk menjaga kondusifitas pemilihan kepala daerah serentak 2018.dan Selain satgas money politik, Polda Sulsel juga membentuk Satgas Cybercrime dalam pengungkapan kejahatan lewat media sosial selama pilkada 2018 berlangsung.

    Harapan kami juga sebagai masyarakat dengan adanya Satgas Cyber Crime dan Satgas Money Politik dalam mengamankan Pilkada bisa dicegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    politik uang bukanlah masalah yang sepele melainkan masalah yang sangat besar dan dampaknya akan akan sangat merugikan kita semua, untuk itu diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk mengentaskannya, baik pemerintah pusat maupun daerah. serta dukungan dari masyarakat.

    Saran kami kepada kita semua adalah marilah kita sama-sama bahu membahu untuk meberantas segala yang dapat merugikan kita semua, terutama politik uang. Marilah kita bulatkan tekad untuk kita memulainya dari diri sendiri, keluarga,kerabat,dan seterusnya.

Leave a Reply