Sandi Octa Susila, Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian Kolaborasi dengan Rumah Madu Petani

Top Ad

INIPASTI.COM, Jakarta- Geliat para petani muda milenial di tengah pandemi covid-19 semakin nyata terlihat, tujuanya tak lain untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia utamanya dari Sektor Pertanian. Bagi Rhafdian Putra, Petani Milenial asal Kabupaten Bogor, ini merupakan merupakan langkah awal dalam shifting menjadi entrepreneur andal dimasa depan.

“dimasa pandemi ini, ada 2 core bisnis yang sustain dengan baik. Pertama Bidang Kesehatan baik kimia dan herbal, Kedua Bidang Pertanian, dan kami saat ini memilih tahap awal untuk membangun bisnis madu dari hasil lebah kebun sebagai langkah memulai bisnis,”ujar Putra, Direktur Operasional Rumah Madu Petani pada Selasa, 28 September 2021.

Inline Ad

Putra berharap apa yang dilakukannya ini akan mendorong petani milenial lain di wilayahnya untuk mengembangkan usaha pada sektor pertanian agar perekonomian daerahnya meningkat.

Senada dengan Putra, Sandi Octa Susila, Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian yang saat ini mengelola lebih dari 120 hektar tanah pertanian memilih menekuni bidang hortikultura karena kecintaan dan prospeknya kedepan.

“ketertarikan saya pada pertanian tumbuh karena saya menemukan permasalahan petani bukan hanya produksi tetapi juga pemasaran. Maka saya coba kembangkan pertanian ini dalam skala modern market, bukan lagi traditional market,” ujar Sandi beberapa waktu yang lalu.

Sandi, yang juga Owner Mitra Tani Parahyangan dari Kabupaten Cianjur memimpikan agar para petani milenial bisa berjejaring, membentuk simpul, saling mensupport usaha untuk memperkuat ekosistem bisnis di sector pertanian.

“termasuk hari ini, saya mendukung Rumah Madu Petani untuk mengekskalasi usahanya dengan kolaborasi dengan kami, yang penting ada ijin PIRT-nya”, ujar Sandi saat ditemui pagi ini (28/09/2021)

Sandi meyakini, kolaborasi Rumah Madu Petani dengan Mitra Tani Parahyangan bisa menjadi awal bagi para petani milenial lain untuk menjalin kerjasama dengan skala yang lebih luas, sekaligus membangkitkan gelora young entrepreneur di Indonesia.

“saya yakin bisa,” pungkas Sandi. (•)

Bottom ad

Leave a Reply