Siswi Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Lolos 25 Besar Kompetisi Toyota Eco Youth

Oleh:Ilmaddin Husain SPd

INIPASTI.COM,MAKASSAR – Dua orang siswi Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga berhasil lolos 25 besar kompetisi kompetisi Toyota Eco Youth, yaitu kompetisi nasional membuat proyek lingkungan untuk siswa-siswi SMA sederajat. Nurul Hidayah Alwi dan Vira Yuniarty adalah dua siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar yang proposalnya berhasil lolos dalam penjurian.

Dari sebanyak 1.842 proposal yang masuk ke panitia Toyota Eco Youth, hanya 25 proposal yang berhasil masuk ke babak berikutnya. Adapun kompetisi dibagi menjadi 2 kategori yaitu sains dan sosial. Hadiah utama perjalanan ke Jepang.

Di hadapan penguji dan Direktur Produksi Toyota, Nurul Hidayah Alwi dan Vira Yuniarty mempresentasikan proyek berjudul “Penerapan Environtment and Nature Quotes of The Day oleh Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar untuk Menumbuhkan Kesadaran akan Rasa Cinta kepada Alam”.

Direktur Produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Nandy Yulianto mengutarakan, Toyata Eco Youth sudah berjalan selama 13 tahun. “Ini yang ke-11. Rencana setiap tahun kita lakukan. Tujuannya mengarah pada anak muda yang nantinya menjadi agen-agen perubahan,” ujarnya saat diwawancarai di Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/2/2019).

Baca Juga:  143 Peserta Berlaga di Kejuaraan Panjat Tebing

Hadir dalam presentasi proyek tersebut, Direktur Produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Nandy Yulianto, Direktur Sekolah Islam Athirah (SIA) Syamril ST MPd, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ridwan Karim SPd MPd, wakasek kurikulum SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dr Bakry MSi, perwakilan National Geographic, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, siswa SMA Negeri 21 Makassar.

Siswa SMA, katanya, adalah anak muda yang nanti menjadi pemimpin. “Kita mengharapkan mereka menjadi agen perubahan saat mereka bekerja atau duduk di dinas pemerintahan. Demi perbaikan bangsa,” paparnya.

Baca Juga:  Kessos Giat Bakti Sosial di Pattalassang

Toyota, kata Nandy, memiliki empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR). Pertama, dibidang beasiswa atau akademik, yang sifatnya vokasional. Kedua, safety terkait keselamatan berkendara. Ketiga, lingkungan hidup. Keempat, community development di sekitar perusahaan.

Dalam kesempatan tersebut, juga tampil perwakilan SMA Negeri 21 Makassar Andi Haikaturrahman dan Airin Khuzaimah. Keduanya mempresentasikan proyek yang berjudul “Laci Mini Artistik Penyimpan Sampah”. Dari Sulawesi Selatan, SMA Islam Athirah Bukit Baruga dan SMA Negeri 21 Makassar berhasil menjadi 25 besar finalis. (Ilmaddin Husain)

Caption Foto

Tim Toyota Eco Youth berkunjung ke Sekolah Islam Athirah, Jalan Raya Baruga Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/2/2019). Siswi Athirah atas nama Nurul Hidayah Alwi dan Vira Yuniarty mempresentasikan proyek berjudul “Penerapan Environtment and Nature Quotes of The Day oleh Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar untuk Menumbuhkan Kesadaran akan Rasa Cinta kepada Alam”.

Baca Juga:  Rangsang Pelaku UMKM, Sulsel Siapkan 2,18 Triliun Rupiah

*)Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.