Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading Makassar Siap Cetak Ahli Sosial

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Proses akademik di kampus bertekad menghasilka sarjana sosiologi dengan tujuan mencetak ahli sosial.

Para ahli sosial itu akan mampu mendeteksi gejala-gejala sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar, Dr Adi Sumandiyar, S.Sos, M.Si.

Didampingi salah seorang dosen, Dr Arda Senaman, M.Si kepada media, Minggu (6/12/2018).

Dijelaskan, kemampuan deteksi itu ditunjang kekuatan analisis yang tajam dan memberikan solusi dan jalan keluar.

Sesuai dengan pengetahuan teori sosiologi dipelajari di kampus, serta pengalaman lapangan selama menjalani proses perkuliahan, tegas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Sarjana sosiologi yang ahli sosial ini kelak di lapangan kerja akan menjadi tenaga perencana sosial.

Profesi ini membuat perencanaan dan memproduk dokumen perencanaan terkait kehidupan sosial komunitas dan masyarakat, tandas Ketua IKA Unsa Makassar.

Selain itu juga dapat menjadi tenaga analis sosial yang melakukan studi analisis isu dan masalah kemasyarakatan kebijakan maupu perencanaan sosial.

Baca Juga:  Harapan Mendikbud di Pulau Barrang Lompo

Profesi menarik lainnya, jadi tenaga peneliti sosial, bertugas membuat desain perencanaan sosial.

Serta mengaplikasikan analis sosial serta menerapkan prinsip bekerja selaku praktisi sosial, ungkap magister perencanaan perkotaan PPs-Unhas ini.

Praktisi sosial termasuk profesi bagi sarjana sosial yang cukup menjanjikan, bekerja melakukan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga akan jadi pendamping dan penggerak masyarakat di pedesaan dan perkotaan

Studi Sosiologi mempelajari interaksi antara satu orang dengan orang yang lain dan pengaruhnya terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat, kata Staf Ahli Kementerian Pertahanan di Sulsel ini.

Sosiologi mencari penyebab perubahan masyarakat, mengkaji akibat dihasilkan dan mencari solusinya.

Cakupan studi sosiologi sangat luas dan dikerucutkan jadi beberapa studi seperti; Sosiologi Politik, Sosiologi Industri, Sosiologi Maritim, Sosiologi Pedesaan, Sosiologi Perkotaan, Sosiologi Gender dan lainnya.

Baca Juga:  Merangsang Siswa Pesisir Berpacu Prestasi

Akreditasi B

Prodi S1 Sosiologi Fisip Unsa Makassar diberi amanah oleh pemerintah lewat BAN-PT dengan nilai Akreditasi B untuk periode waktu 2018-2023.

Reakreditasi berhail mempertahankan nilai B, tidak terlepas dari pola penulisan narasi borang online serta kinerja dosen yang gencar melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan lainnya.

Perolehan nilai B itum juga berkat tim kerja penulis borang narasi online dibawah koordinasi dan kendali Dekan Fisip Unsa Makassar, Dr. Muhammad Yahya, M.Si dibantu mahasiswa, Muh Ma’ruf, Nirwan dan Nikita Ayu Rahmawati.

Selain itu juga keterlibatan seluruh stakeholder, dosen, mahasiswa, alumni, pegawai dan civitas akademika Unsa Makassar.

Tahun akademik 2019 dengan akreditasi nilai B target menerima mahasiswa sampai tiga kelas 120 orang.

Sumber daya dosen terdiri atas tiga orang doktor sosiologi yakni; Muhammad Yahya, Arda Senaman dan Adi Sumandiyar.

Dua orang sedang mearampungkan studi S3, satu orang di PPs-UNM, Hasruddin Nur serta satu ladi di PPs-IPB, yakni Andi Baso Jaya. (nasrullah)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.