Sosok, Teknokrat Masamba Berjibaku Perbaiki Akses Jalan hingga Daerah Terpencil

INIPASTI.COM, MASAMBA- Akhir tahun lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur, memaparkan beberapa program prioritas Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang siap disinkronkan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Itulah sosok Kadis PU Lutra dalam masa jabatan Indah Putri Indriani alias IDP yang saling bahu membahu membangun fasilitas umum di Kota Masamba.

Lanjut, perjuangan pemaparan membuahkan hasil. Alumni lulusan sarjana Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin ini, berjibaku memperbaiki akses jalan beberapa titik di Luwu Utara.

Inline Ad

Agar roda perekonomian berjalan lancar dari hulu hingga ke hilir. Perbaikan akses jalan menjadi hal paling penting sosial-ekonomi. Perlu diketahui, keberagaman pangan Lutra  terbilang eksotis. Mulai dari beras hingga non- beras seperti sagu, jewawut dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Sukses Di Tanah Rantau dengan Kerja Keras (2)
Jalan demi jalan diperbaiki. Seperti jalan menuju Seko. Dulu, warga harus menempuh perjalanan darat hingga 3 malam lamanya untuk ke ibu kota Kabupaten, kini tinggal 6 jam.

Setelah 74 tahun Indonesia merdeka, pemerintah baru membuat akses dan mengaspal jalan menuju Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Akhirnya, mimpi masyarakat Seko pun tercapai sehingga mereka bisa bepergian ke Kota Kabupaten Luwu Utara dengan mudah.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mencatat progres jalur Mabusa-Malimongan sudah mencapai 22 kilometer (km). Jalur ini diyakini dapat menggerakan ekonomi di wilayah pedesaan dan pegunungan Sulawesi Selatan tersebut.


Dikutip dari dpupr.luwuutarakab.go.id, Dinas PU Masamba menyoroti jalan akses menuju Rampi. Perlu diketahui, Rampi merupakan 1 dari 3 kecamatan di Kab. Luwu Utara yang masuk kategori terpencil, dan hanya dapat dijangkau melalui jalur udara.

Baca Juga:  Penuh Tekad, Perempuan Ini Jadi Penulis Muda Hingga Ingin Buat Stasiun Radio Sendiri

Bandar udara Rampi yang dibangun oleh pemerintah dan hanya dapat dijangkau oleh pesawat kecil menjadi satu satunya prasarana Transportasi yang dapat digunakan oleh masyarakat Rampi.

Diperlukan adanya penanganan yang komprehensif berupa pembukaan badan jalan yang lebih lebar dengan kemiringan yang lebih baik. Badan jalan yang telah dibentuk harus langsung dipadatkan dan dilengkapi dengan saluran air yang baik untuk mengalirkan air hujan jika terjadi hujan. 

Sosok PU yang terbilang sukses dalam menjalankan program kerjanya. Itulah Suaib Mansur, sosok teknokrat Masamba. Upss! Jejak karir ….. (Lanjutan nanti yah gaes)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.