Sudah Dibantu Wasit, UEA Gagal Kalahkan Indonesia

Wasit asal Australia Shaun Robert Evans yang memimpin laga Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) ajang Asian Games 2018, Jum'at, (24/8/2018). (Foto: inipasti.com)

INIPASTI.COM, BEKASI – Uni Emirat Arab (UEA) gagal mengalahkan Indonesia dalam waktu normal 90 menit pada laga lanjutan Asian Games cabang Sepakbola Putra. Babak kedua berakhir dengan skor 2-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Jawa Barat, Jum’at, (24/8/2018).

Pada pertandingan ini, tampak jelas Wasit asal Australia, Shaun Robert Evans mengeluarkan beberapa keputusan yang menguntungkan Timnas UEA. Setelah UEA dihadiahi pinalti pada babak pertama (Baca : Hasil Babak Pertama), Shaun Robert kembali memberikan hadiah penalti setelah pemain UEA jatuh dalam kotak penalti.

Keputusan wasit dianggap kontroversial karena Hansamu Yama Pranata hanya minim memberikan sentuhan kepada Shahem. Namun wasit tetap menunjuk titik putih. Hansamu yang pada babak pertama telah mendapatkan kartu kuning tidak bisa lagi memberikan protes keras karena tidak ingin diusir oleh wasit. Padahal saat Saddil Ramdani dijatuhkan dalam kotak penalti UEA, wasit tidak memberikan hadiah penalti.

Baca Juga:  Gol Pluim Tutup Kemenangan PSM Atas Perseru Serui

Tendangan penalti yang kembali disepak oleh Zayed Al Ameri pada menit ke-66 tidak bisa ditahan oleh penjaga gawang Indonesia, Andritany Ardhiyasa. Sedangkan gol balasan Indonesia dicetak sebelumnya oleh Alberto ‘Beto’ Goncalves pada menit ke-52. Indonesia masih tertinggal 1-2.

Hal lainnya adalah, ketika UEA sudah unggul, Penjaga gawang UEA Zayed Ahmed tampak beberapa kali mengulur-ulur waktu. Namun, wasit tidak memberikan kartu kuning pada penjaga gawang berusia 21 tahun ini.

Tak hanya kiper, beberapa pemain UEA juga banyak yang mengulur-ulur waktu. Bahkan tampak satu kali pemain UEA terlihat membuang bola keluar dari lapangan pertandingan. Namun, sekali lagi, wasit tidak memberikan kartu kuning.

Baca Juga:  Ganda Putra Indonesia Singkirkan 2 Wakil Malaysia di Badminton Asian Games 2018

Beruntung, perjuangan Evan Dimas dkk tak dikendurkan meski melawan 11 pemain UEA ditambah 1 orang wasit. Perjuangan Garuda Nusantara pun berbuah hasil, di mana Stefano Lilipaly berhasil mencetak gol pada injury time. Lilipaly mendapatkan umpan matang dari Saddil Ramdani pada menit ke-94.

Keputusan kontroversial oleh Shaun Robert belum berakhir sampai di situ. Wasit asal Australia ini terlihat mengusir Asisten Pelatih Indonesia, Bima Sakti setelah Lilipaly mencetak gol. Belum jelas alasan wasit mengusir Bima Sakti dari bangku cadangan Indonesia.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan pun dilanjutkan dengan waktu tambahan 2X15 menit. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.