Suhardi Duka Dipastikan Pimpin IKA Komunikasi Unhas

Suhardi Duka dipastikan pimpin IKA Komunikasi Unhas. (Foto : Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Alumni Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin (Unhas) tengah menggodok pembentukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA). Nama Suhardi Duka yang saat ini menjadi Ketua Keluarga Komunikasi Unhas (KKU) dipastikan tercantum menjadi Ketua IKA Komunikasi Unhas.

Hal ini disampaikan Ketua formatur pembentukan IKA Komunikasi Unhas, Sahman AT, Rabu (14/12). Alumnus Komunikasi Unhas 1988 ini menjelaskan, dipilihnya Suhardi Duka telah menjadi kesepakatan bersama.

“Beberapa kali kami menggelar rapat formatur, termasuk rapat perdana pembentukan IKA Komunikasi, nama Suhardi Duka sudah disebut. Kita butuh figur yang bisa menjadi simbol pemersatu, dan Kanda Suhardi Duka adalah figur yang tepat,” paparnya.

Sahman menegaskan, kalau Suhardi Duka sudah menyetujui penunjukan dirinya sebagai Ketua IKA. Saat ini, sambung Sahman, tinggal menyusun struktur IKA.

Baca Juga:  Sosiologi Unsa Makassar Jajaki Kerjasama dengan S1 Sosiologi Unhas

“Kami kagum, karena di tengah kesibukan beliau, masih mau mengurusi organisasi. Ada beberapa figur yang potensial semula mengemuka, tapi kami akhirnya memutuskan memilih Kanda Suhardi Duka,” tambahnya.

Alumni Komunikasi Unhas sebenarnya telah memiliki lembaga paguyuban bernama  Keluarga Komunikasi Unhas (KKU) sejak tahun 2009. Tetapi, sampai sekarang lembaga tersebut tidak berada dalam format yang resmi untuk dijadikan IKA.

Berdasarkan aturan yang ada saat ini, pembentukan organisasi alumni menjadi kebutuhan mendorong akreditasi universitas. Sahman mengatakan, berdasarkan AD/ART ikatan alumni, maka mau tidak mau harus menjadi organisasi ikatan alumni. “Tidak ada pilihan lain selain menjadi ikatan alumni,” kata Sahman.

Baca Juga:  Mahasiswa Komunikasi UMI Belajar Berkarir Dunia Jurnalistik Televisi

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA dalam laman unhas.ac.id menyebutkan kalau peran alumni sangat strategis dalam pencapaian cita-cita Unhas sebagai World Class University. Tantangan bagi Ikatan Alumni adalah bagaimana alumni bisa memiliki kemandirian dalam hal dana, salah satu caranya adalah membentuk unit usaha. Ikatan alumni juga dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat misalnya dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di fakultasnya.(*)

Baca juga : Hadiri Dies Natalis Unhas, JK Singgung Mutu Alumni

//