Sukses Di Tanah Rantau dengan Kerja Keras (2)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Sebelumnya, pasca tragedi 2012 di mana pesawat milik PT Trigana Air ditembak, di Bandara Mulia Puncak Jaya, Papua. Kala itu maskapai penerbangan tidak ada yang ingin terbang ke sana karena di liputi ketakutan.

Akhirnya Wagus Hidayat, berupaya agar akses transportasi Masyarakat di sana tidak terputus. Setelah bertemu dengan salah satu pilot, dirinya diperkenalkan dengan perusahaan milik Oestman Sapta Oddang yaitu Enggang Air Service yang menyediakan jasa sewa pesawat. Agar ini berjalan, Ia kemudian berbicara dengan Pemda setempat dan akhirnya mendapat kontrak. Tidak berapa lama PT Trigana juga menawarkan pesawat milik mereka dengan dua pembiayaan. Menyewa atau mencicil dengan membelinya.

Baca Juga  Teletubbies Drink Kini Hadir di Makassar

“Bermodalkan kepercayaan dan pinjaman pesawat, akhirnya saya mulai bisnis layanan jasa transportasi ini. Waktu itu saya berpikir kalau kontrak, dengan pembiayaan Rp 2 miliar biayanya cukup besar kenapa tidak milik saja,” kata Hidayat, Sabtu lalu di Four Point By Sheraton.

Bahkan untuk melengkapi kemampuannya, Hidayat mengambil sekolah penerbangan, di mana dirinya sewaktu-waktu membantu penerbangan, jika pilot yang terkait tidak siap, karena masalah teknis.

Baca Juga  Jelang Hari Raya Kurban, Pinggir Jalan Mulai Jadi Show Room Hewan Ternak

“Kalau saya, masih co pilot istilahnya. Karena jam terbang saya belum mencukupi,” paparnya

Setelah berjuang beberapa tahun, akhirnya Hidayat memiliki lima pesawat masing-masing jenis twin otter, caraval dan cesna . “Untuk operasional, kebetulan saya menitipkan pada perusaha PT Trigana untuk twin otter, sedangkan dua lainnya, di perusahaan lain.” Ujarnya lebih jauh.

Hidayat menjelaskan, dengan perusahaan tersebut dirinya menjalin kerjasama dengan membayar sewa untuk tenaga mereka, sedangkan perusahaannya mengurus pangsa pasar. Di mana pesawatnya melayani penerbangan ke Sentani, Puncak Jaya, Tolikara, Timika dan sekitarnya.

Baca Juga  Retail Diminta Laporkan Uang Kantong Berbayar

Hidayat pun berbagai pesan buat generasi muda bahwa ada dua hal bisa mengubah kehidupan, yaitu ekonomi dan politik. Tapi jangan juga terjun ke dunia politik, kemudian mempolitiki orang. Karena banyak terjadi dan dirinya melihat itu.

Sementara untuk kiat menjadi sukses, ayah dari empat orang anak ini mengungkapkan, Jangan pernah berputus asa. Komitmen, Disiplin, Kejujuran, Kerja keras, dan doa. (Iin Nurfahraeni)