Sulbar Meraih Tujuh Juara di Kompetisi Sobat Bumi 2020, Enam Diantaranya Dimenangkan Mahasiswa Unasman

Top Ad

INIPASTI.COM, POLMAN. Para mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Polman Sulbar kembali membuktikan keunggulan pada Kompetisi Sobat Bumi 2020.

Ada tiga mata lomba diikuti mahasiswa asal Sulbar yakni, bidang matematika, biologi dan fisika. Pada ketiga bidang kompetisi itu, berhasil mencetak tujuh juara diraih mahasiswa asal Sulawesi Barat, enam juara itu dimenangkan mahasiswa Unasman.

Inline Ad

Kampus yang menjadi syarat kehadiran dan kelahiran Provinsi Sulawesi Barat ini nyaris menyapu bersih semua mata lomba yang ditawarkan pada seleksi tingkat provinsi ini.

Sobat Bumi 2020 adalah kompetisi sains bergengsi tahunan digelar Pertamina, merupakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat perguruan tinggi diberi nama Kompetisi Sobat Bumi 2020.

Pemenang kompetisi ini diunggah via website sobatbumi.id, pada 19 November 2020 diumumkan pemenang tiap provinsi.

Pada tingkat Provinsi Sulbar pemenang bidang Matematika juara I, II,dan III didominasi mahasiswa Unasman, diantaranya Juara I atas nama Deviana Devi, Juara II atas nama Yemima, dan Juara III atas nama Reski.

Bidang Biologi, Juara I atas nama Nurbania asal Universitas Sulawesi Barat, sementara Juara II dan III dari Unasman, diantaranya Juara II atas nama Alfi Syahri Futri Diana, dan Juara III atas nama Irvan Praya.

Pada bidang Fisika juara I atas nama Muh. Ramlan, dari Unasman, sementara Juara II, dan III tidak ada yang berhasil lolos, dan untuk bidang Kimia, tidak ada satupun yang juara dari Sulawesi Barat.

Pemenang ini berdasar seleksi tertulis secara online 12 November 2020. Berdasarkan hasil seleksi dipilih juara I, II,dan III dengan ketentuan jumlah peserta seleksi provinsi yang mengikuti tes < 10 untuk setiap bidang diputuskan hanya ada Juara 1 Provinsi, dan skor (nilai) peserta terbaik provinsi harus sama dengan atau lebih besar dari => 0.

Rektor Unasman Polman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin,M.Si, kepada media Sabtu malam (21/11/2020) menegaskan, mengapresiasi para mahasiswa yang telah mengharumkan nama Provinsi Sulbar dan kampus Unasman pada kompetisi sains bergengsi ini.

Para mahasiswa yang telah mengukir prestasi pada berbagai ajang kompetisi diberikan apresiasi dan pemotivasi, tegas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Selama ini pihak kampus cukup serius dalam pembinaan dan pengembangan minat dan bakat para mahasiswa terkait seni, olahraga dan sains, tegas anggota Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi ini.

Pembina OSN Unasman, Fatimah,S.Si, M.Pd, ditempat terpisah menambahkan untuk lolos seleksi nasional setiap juara provinsi akan diseleksi nilainya di tingkat regional.

Sehingga terlihat peserta hasil seleksi tingkat nasional untuk bidang Matematika diwakili asal Universitas Hasanuddin (Sulsel), Bidang Fisika UIN Alauddin Makassar (Sulsel), bidang Kimia dan Biologi Universitas Sam Ratulangi (Sulut), katanya.

Demikian Humas Unasman memberitakan. (ulla).

Bottom ad

Leave a Reply