Sumarsono: Pilkada Sulsel Berjalan Aman dan Sukses

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan secara serentak di Sulsel.

Ia pun memberi keterangan secara resmi dengan menggelar konferensi pers di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, Kamis (28/6/2018).

Inline Ad

Dirjen Otonomi Daerah ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada KPU dan Bawaslu serta pihak-pihak yang telah bekerja keras sehingga Pilkada Serentak berlangsung aman, damai dan sukses. Berbagai masalah substansial dan teknis telah diatasi dengan sangat baik.

“Pilkada aman, nyaman, damai dan hampir tidak ada kejadian yang mempengaruhi proses Pilkada sehingga berlangsung kondusif,” kata Soni Sumarsono.

Ia pun menyayangkan beredarnya video euforia perayaan kemenangan kotak kosong versi hitung cepat yang dilakukan oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Baca Juga:  Pj Gubernur: Pengembangan Sutera Perlu Inovasi dan Diversifikasi

Menurut mantan Plt Gubernur Jakarta ini, tidak selayaknya seorang Wali Kota Makassar melakukan euforia dengan kemenangan kotak kosong. Sebab, seorang Wali Kota harusnya mengayomi seluruh rakyatnya. Beda halnya jika Danny Pomanto maju sebagai kandidat dan tidak aktif sebagai Wali Kota Makassar.

“Dari video yang beredar kita akan memberikan peringatan bagi Danny mengingat Ia sebagai Wali Kota harus menjaga iklim kondusif, menghindari euforia dan ini yang sangat saya sayangkan,” paparnya.

Sumarsono mengungkapkan bahwa dirinya telah menegur secara langsung. Danny pun mengerti dan meminta maaf.
“Saya sudah menegur pak Danny dan dia sudah mengakui kesalahannya, meminta maaf. Saya sudah ingatkan, dia menerima dan dia tidak ngeyel kalau di tegur, seandainya dia ngeyel baru kita akan berikan teguran keras melalui tertulis,” tegas Soni Sumarsono.

Baca Juga:  Soni Sumarsono Kunjungi Dua Sekolah, Dapati Gedung Tak Layak

Berdasarkan data rekapitulasi perhitungan suara sementara KPU Sulsel yang diperoleh dari Desk Pilkada Sulsel, Kamis, 28 Juni 2018 pada pukul 10.30 Wita. Jumlah total suara yang masuk 2.489.880 dengan jumlah total partisipasi pemilih 71,41 persen.

Ia juga memberikan apresiasi kepada daerah yang partisipasi pemilihnya sangat tinggi di Sulsel, tercatat berdasarkan data KPU Kabupaten Pinrang dengan 84,6 persen dan Kabupaten Sidrap dengan 82,3 persen, sementara yang terendah Kabupaten Bulukumba 60,9 persen dan Kota Makassar 61,6 persen

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.