Syahrul Resmikan Air Mancur Menari di Masjid 99 Kubah

Air mancur menari yang terletak di depan Masjid 99 Kubah di Kawasan Center Point of Indonesia (Foto/Istimewa)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo akan meresmikan satu ikon baru, yaitu air mancur menari yang terletak di depan Masjid 99 Kubah di Kawasan Center Point of Indonesia, Kota Makassar, Sulawesi-Selatan.

Air mancur ini akan diresmikan oleh Syahrul dan beroperasi untuk pertama kalinya, Jumat (6/4/2018)

Air mancur ini akan dinyalakan selama 30 menit, setelah shalat Magrib hingga menjelang shalat Isya.

Air mancur menari ini, akan menjadi pertama dengan ukuran besar di luar Pulau Jawa dan terpanjang kedua dalam ukuran lurus setelah air mancur Sri Baduga Purwakarta.

“Air mancur ini sebagai tambahan baru hiburan bagi masyarakat Kota Makassar, diletakan di depan Masjid 99 Kubah, salah satu masjid 30 terunik di dunia, akan menjadi tontonan baru bagia jamaah yang menunggu shalat,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel, Darmawan Bintang, Jumat (6/4/2018)

Baca Juga:  Mulai Dibangun, Seperti Ini Manfaat Bendungan Pammukkulu

Ia menyebutkan, air mancur ini akan dimainkan setiap hari, namun saat ini masih ditampilkan pada masyarakat seminggu sekali. Air mancur ini pembangunannya telah rampung 100 persen.

Secara teknis air mancur ini memiliki panjang kolam 98 meter, lebar kolam 7 meter, tinggi kolam 1 meter. Air mancur ini memilili 213 nozzle yang dapat menyemprot air setinggi 17 meter dan digerakkan oleh 80 pompa. Masing-masing nozzle ini memiliki pencahayaan tersendiri dengan variasi sebanyak tujuh warna.

Baca Juga:  APBD Kota Makassar Tahun 2017 Capai Rp3,8 Triliun

“Ini mengikuti irama musik karena terkompeterisasi, tariannya beradasarkan irama musik yang diputar, mirip yang ada di Dubai. Akan mirip, tetapi bentukanya akan memanjang sementara di Dubai spiral,” jelas Darmawan.

Gubernur akan menandatangani prasasti peresmian dan akab memberikan nama untuk air mancur ini.

Air mancur ini akan tentunya menjadi tempat wisata baru yang bisa anda kunjungi, jika anda berkunjung ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, apalagi jika anda warga Sulawesi-Selatan.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.