Tak Diizinkan Masuk, Warga Pangkep “Kepung” Asrama Haji Sudiang

Warga Kabupaten Pangkep menyambut kedatangan jemaah haji Kloter 24 Debarkasi Makassar, Senin, (17/9/2018). Tampak pula dari kejauhan (lihat paling belakang) kerumunan warga yang tidak dapat izin untuk masuk. (Foto : Sule)

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Ratusan warga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tampak mengepung aula 3 Asrama Haji Sudiang Makassar. Warga Pangkep terlihat di setiap penjuru aula yang menjadi lokasi penerimaan jemaah haji Kloter 24 Debarkasi Makassar. Kerumunan warga bahkan tampak sebelum jemaah haji tiba di Asrama Haji Sudiang, Senin, (17/9/2018).

Saat bus rombongan jemaah haji Kloter 24 memasuki asrama haji sekira pukul 08.45 WITA, tangis, tawa, dan teriakan dari mereka pun tampak terdengar. Mereka memang hanya diizinkan masuk hingga ke pagar pembatas, sehingga harus berteriak memanggil keluarga mereka yang baru saja tiba dari menunaikan ibadah haji. Bahkan, tak sedikit yang tidak mendapatkan izin untuk memasuki area tersebut.

Baca Juga:  Dalami Kasus Fasum, Kejari Periksa Lima Orang
Kerumunan warga Pangkep tampak mengelilingi aula 3 Asrama Haji Sudiang, Senin, (17/9/2018). (Foto : Sule)

Sesuai aturan, petugas keamanan haji dari Polda Sulsel pun menghalau warga untuk masuk. Hanya 2 hingga 3 orang anggota keluarga jemaah haji yang diizinkan masuk. Padahal ada yang datang hingga puluhan orang. Tumpukan warga yang tak diizinkan masuk pun terlihat di pintu gerbang kedua Asrama Haji Sudiang.

“Saya sejak jam 10 sudah di sini, saya dari kecamatan La’bakkang datang sebanyak 4 mobil untuk menjemput saudara dan ipar saya,” ujar salah satu warga Pangkep, Dahlan (37) yang ditemui tim inipasti.com di kerumunan warga.

Dahlan mengaku sengaja datang untuk menjemput keluarganya itu. Ia mengatakan telah mengetahui bahwa jemaah haji Kloter 24 tiba pada jam 8 pagi. Namun lain halnya dengan warga Kampung Jagong Kecamatan Pangkajene, Ramlia (39). Wanita yang membawa serta anaknya ini menyangka keluarganya yang juga tergabung dalam Kloter 24 ini tiba pada pukul 05.00 WITA.

Baca Juga:  Info Haji 2017 : Stroke Tak Jadi Penghalang JCH Ini Rebut Impiannya

“Saya dengar kabar jam 5 sudah ada di sini, makanya datang lebih awal. Saya di sini tadi malam sekitar jam 2 malam. Mau lihat sepupu saya yang baru datang dari haji,” akunya.

Diketahui, jemaah Haji Kloter 24 Debarkasi Makassar ini terdiri dari 454 jemaah haji. Jemaah haji Pangkep sebanyak 227 orang, dan jemaah haji dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 222 orang. Serta 5 orang petugas kloter yang mendampingi jemaah haji Kloter 24 Embarkasi Debarkasi Makassar. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.