Teknologi Jaringan 5G yang Diduga Akan Hadir di Indonesia

Top Ad

INIPASTI.COM, Pembicaraan soal jaringan 5G kembali ramai usai Apple merilis iphone 12, yang berbekal jaringan 5G seperti yang sudah dilakukan kompetitornya, samsung Note 20 Ultra, beberapa Negara didunia sudah menerapkan teknologi ini, lalu pertanyaannya kapan akan sampai keindonesia

Jaringan 5G adalah teknologi terbaru yang digadang-gadang hadir dengan kecepatan ratusan kali lebih cepat dari akses internet 4G, mari kita coba lihat sejarah perjalan dari generasi pendahulunya sampai ke era 5G.

Inline Ad

Berawal dari teknologi 1G pada tahun 1979 hampir seluruh sistem digenerasi pertama ini merupakan analog dengan kecepatan rendah dan suara sebagai objek utamanya, seperti panggilan telpon, sinyal radio ditransmisikan secara analog, dan kecepatan 2,4Kb/S.

Pada awala tahun 90an akhirnya mulai bergeser ke teknologi jaringan seluler Digital GSM, CDMA, dimana ada kualitas suara lebih jernih dan bisa untuk sms tapi cukup untuk 100 karakter, karena kapasitasnya lebib besar dari 1G, dan kelemahannya jangkauan jaringan masih terbatas.

Menuju tahun 2000an akhirnya evolusi teknologi ini sampai 3G dimana seluler dapat melayani data seperti internet, video, musik, game, dan streamming dengan kecepatan sampai 2mbps.

Ditahun 2008 munculah 4G, yang biasa kita kenala dengan jaringan LTE, jaringan 4G ini menyediakan solusi IT yang komprehensif dan terintegrasi penuh dengan kecepatan dari 100mbps hingga 1gbps.

Terakhir jaringan 5G yang ditunggu-tunggu jenis jaringan baru yang didesain dapat mengubungkan semuanya secara virtual tujuannya adalah agar dapat mengirim data dengan waktu cepata hingga 10GB/s tujuannya adalah untuk mengedepankan user experience to the next level, yakni untuk operasi segalah produk teknologi yang bisa memudahkan manusia.

Teknologi 5G ini sudah tersebar diberbagi Negara berbagai belahan dunia, dan pertama kali adalah Korea Selatan, (April 2019), kedua Amerika serikat , (April 2019), ketiga Arab Saudi, (Juni 2019), keempat Tiongkok, (Oktober 2019), kelima Australia, (November 2019), dan Keenam Taiwan, (Juli 2020).

Namun jaringan 5G yang akan datang ke indonesia mengundang pro dan kontra dimasyarakat.

Ada yang bilang jaring 5G dapat mempermudah teknologi, dan penghemat waktu terbaik, namun ada juga yang bilang biaya telekomunikasi akan lebih mahal.

Menurut anggota komite regulasi telekomunikasi dan badan regulasi telekomunikasi Indonesia, Setyadi Widodo, perlu adanya jaring 5G ada 2 hal yang perlu diperhatikan yang pertama adalah bahwa teknologi itu berevolusi yang kedua dari manfaat, seperti hal yang baru, dan aplikasi baru dsb.

Ada 4 Variabel yang perlu direview untuk melihat kita siap atau tidak, yang pertama User, kedua industrinya, ketiga regulasi dan rencana-rencana pemerintah, dan keempat adalah faktor-faktor pendukung yang tidak kalah penting. Ujarnya

Sumber: CNN Indonesia

Bottom ad

Leave a Reply