Temui Konstituen, Rapsel Ali Sosialisasi UU Minerba di Makassar

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Nasdem Muhammad Rapsel Ali menggelar Sosialisasi Undang Undang bersama Masyarakat Bontoala Kecamatan Tallo Makassar, Sabtu 20 Februari 2021.

Rapsel Selaku Anggota DPR RI Dapil Sulsel 1 dalam kesempatan ini mensosialisasikan Undang Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Inline Ad

“Undang Undang nomor 3 Tahun 2020 ini merupakan perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009. Ada beberapa poin penting yang diatur dalam revisi UU Minerba ini antara lain kewenangan perizinan, perpanjangan izin, pengaturan terhadap IPR  dan aspek lingkungan, Hilirisasi, divestasi, hingga beberapa pengaturan yang dilakukan untuk memperkuat BUMN” Ujar Rapsel.

“Salah satu revisi UU no 3 ini yang memperkuat BUMN yakni pengaturan bahwa eks WIUP dan Wilayah WIUPK dapat ditetapkan sebagai WIUPK yang penawarannya diprioritaskan kepada BUMN, serta BUMN mendapatkan prioritas dalam pembelian saham divestasi” Tambahnya.

Baca Juga:  Komisi III, pertanyakan pencopotan Kapolres Kampar

Selain itu, Legislator partai NasDem ini menambahkan dalam revisi UU minerba ini juga ada peningkatan bagian pemerintah daerah dari hasil kegiatan pertambangan, dari sebelumnya 1 persen untuk pemerintah provinsi, menjadi 1,5 persen.

Kendati lokasi Sosialisasi diguyur hujan lebat tidak menyurutkan antusiasme warga Kecamatan Tallo ini untuk mengikuti Sosialisasi.

Rapsel berkeyakinan Revisi UU minerba ini juga akan mendorong kegiatan eksplorasi untuk penemuan deposit minerba. Yakni melalui penugasan penyelidikan dan penelitian kepada lembaga riset negara, BUMN, BUMD, atau Badan Usaha Swasta serta dengan pengenaan kewajiban penyediaan Dana Ketahanan Cadangan kepada pelaku usaha.

Baca Juga:  Ajiep Padindang Minta Menteri Keuangan Berlakukan DAU Final dan Defenitif

Menutup sosialisasi Rapsel sedikit bernostalgia kenangan masa kecilnya di Kecamatan Tallo, dimana tempat dia bersolah di SD sampai SMP.

“Saya memiliki kenangan di Tallo ini, dimana saya bermain bersama teman teman dan alhamdulillah hari ini saya sudah keliling dari lorong ke lorong menyapa teman teman Sekolah dulu sambil bernostalgia mengingat masa masa sekolah dulu” Tutup Rapsel.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.