[Terkuak] Ahmad Dhani Dipenjara karena ‘Idiot’, Rocky Gerung Bebas Ucapkan ‘Dungu’

Musisi Ahmad Dhani dan Pengamat Politik Rocky Gerung.
Top Ad

INIPASTI.COM, JAKARTA – Pengamat Politik Rocky Gerung hingga saat ini masih leluasa mengucapkan kata ‘Dungu’. Kata yang menurutnya adalah satire untuk menyindir kekuasaan atau rezim Presiden Joko Widodo.

Padahal, pada kasus lain, Ahmad Dhani telah menjalani hukuman karena menggunakan kata ‘idiot’. Musisi legendaris tersebut divonis 1 tahun penjara di Pengadilan Negeri Surabaya pada 11 Juni lalu.

Beberapa pihak pun membandingkan kasus Ahmad Dhani dan Rocky Gerung yang masih bebas dengan narasi dungunya. Olehnya, pada saat diundang oleh Deddy Corbuzier yang diupload melalui akun YouTube, Filsuf asal Manado ini menguak semua itu.

Menurutnya, Ahmad Dhani mengucapkan kata ‘idiot’ merupakan respon terhadap orang-orang yang melakukan demonstrasi terhadapnya. Namun, pada saat mengeluarkan kata-kata tersebut, Ahmad Dhani tidak menjelaskan maksudnya terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tekan Angka Kekerasan Anak, Polda Sulsel Akan Gandeng Pemuka Agama

“Kan waktu itu kata ‘idiot’ belum dia rumuskan. Kalau saya sudah rumuskan terlebih dahulu bahwa ‘Dungu artinya gagal nalar, ini bukan menghina’. Jadi saya definisikan dulu, baru saya pakai untuk meledek. Jadi saya buat definisinya untuk mengamankan satire itu,” jelas Rocky Gerung pada konten YouTube Deddy Corbuzier yang diupload pada Selasa, 29 Oktober kemarin.

Namun dia menilai bahwa seharusnya Ahmad Dhani tidak dihukum atas kasus tersebut. Karena baginya, Ahmad Dhani tidak merencanakan menggunakan kata tersebut.

“Mestinya dia lolos, itu kayak tangkis, refleks, lain kalau dia rencanakan menggunakan kata idiot itu. Dianggap itu hate speech (ujaran kebencian,red), padahal bukan. Itu respon, kalau kamu mau ditonjok, yang ditangkis dong, nah dia tangkis pakai kata dengan kalimat,” nilainya.

Baca Juga:  Dianggap Sebar Fitnah, Jubir Cakka Akan Dilaporkan ke Polisi

Menurut sejarah peradaban, kata Rocky, hate speech itu hanya boleh dihukum bila dia dihubungkan dengan keadaan masa lalu, di mana orang merasa terhina. Misalnya, kata ‘Negro’ dan ‘Yahudi’ dengan sejarahnya masing-masing.

Dengan dihukumnya Ahmad Dhani yang dianggapnya sebagai teman, Rocky berpandangan bahwa Hukum ITE di Indonesia masih amburadul dan salah konsep.

(Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.