Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Termuda Tual Langsung Pingsan

Jemaah haji termuda tual Rini Astuti dibantu oleh sang adik, Rias Amin, saat pingsan di aula 3 Asrama Haji Sudiang, Rabu, (5/9/2018). (Foto : Sule)
Top Ad

INIPASTI.COM, SUDIANG – Jemaah haji termuda Kabupaten Tual Rini Astuti Baharuddin (21) jatuh pingsan saat turun dari bus. Ia langsung tak sadarkan diri saat berjalan beberapa langkah memasuki aula 3 Asrama Haji Sudiang untuk mengikuti acara penerimaan Kloter 11 Debarkasi Makassar. Rini beserta jemaah haji Kloter 11 lainnya baru saja mendarat di tanah air sepulang dari melaksanakan ibadah haji, Rabu, (5/9/2018).

Menurut ayahnya, Baharuddin, selama di tanah suci, anak keduanya itu mengalami hal serupa sebanyak 5 kali. “Di Arafah 2 kali, di Mina juga dua kali, terakhir di Bandara Jeddah. Hampir saja tidak pulang, karena pas mau berangkat ke sini (tanah air,red) dia pingsan. Untuk cepat sadar. Setelah diperiksa kembali, mungkin jantungnya stabil jadi diperbolehkan untuk naik pesawat,” jelasnya.

Inline Ad

Untung saja, saat mahasiswi President University, Jakarta ini pingsan, adiknya, Rias Amin langsung sigap menadahnya. Sehingga kepada Rini Astuti terhindar dari benturan pada lantai aula 3 Asrama Haji Sudiang. Alumnus SMA Negeri 5 Makassar kemudian mendapatkan perawatan medis di poliklinik Asrama Haji Sudiang.

Setelah sejam lebih mendapatkan perawatan intensif, Rini akhirnya sadar. Ia kemudian diberi makan oleh ibunya, Besse Warida yang sedari tadi mendampingi putri kesayangannya ini.

Sekadar diketahui, selain Rini, pada Kloter 11 Debarkasi Makassar ini, terdapat 16 orang lainnya yang juga mendapatkan perawatan intensif di poliklinik Asrama Haji Sudiang. Bahkan, kloter yang saat berangkat ke tanah suci berjumlah 453 jemaah ini, kembali dengan jumlah 450 orang. Kekurangan 3 jemaah tersebut dengan alasan berbeda-beda. Satu meninggal dunia di Arab Saudi, satu dirawat di rumah sakit Arab Saudi, dan satunya lagi pindah ke kloter selanjutnya. (Sule)

Bottom ad

Leave a Reply