TikTok Belajar Pelajaran Lama tentang Seni Kesepakatan AS

REUTERS/FLORENCE LO/ILLUSTRATION/FILE PHOTO

INIPASTI.COM, SAN FRANCISCO – TikTok menemukan cara sulit bahwa Oval Office dapat memegang kartu truf dalam kesepakatan yang meningkatkan kekhawatiran keamanan nasional. Presiden Donald Trump mendorong untuk penjualan aplikasi video populer, kemudian mengancam akan melarangnya, mendorong panggilan antara dia dan pelamar Kepala Eksekutif Microsoft Satya Nadella untuk menyelamatkan pembicaraan. Penjual, perusahaan induk, ByteDance yang berbasis di Beijing, dan pembeli potensial lainnya memiliki banyak kekhawatiran.

Trump berperan sebagai pembuat kesepakatan dalam apa yang bisa menjadi akuisisi terbesar Microsoft sejak membeli LinkedIn pada 2016 sebesar $ 26 miliar. Setelah baik Reuters dan Wall Street Journal melaporkan pembicaraan bolak-balik selama akhir pekan, perusahaan $ 1,6 triliun mengatakan pada hari Minggu itu akan terus maju setelah panggilan langsung dengan presiden.

Inline Ad

Kepemilikan perusahaan atau aset di luar negeri di Amerika Serikat sering kali menarik perhatian Komite Investasi Asing. Panel yang terdiri dari berbagai lembaga pemerintah telah menyelidiki pembelian ByteDance pada 2017 Musical.ly aplikasi sinkronisasi bibir, yang bergabung dengan TikTok. Sebagian besar perusahaan tidak repot-repot melawan, tetapi dalam kesempatan yang jarang terjadi, seorang presiden AS mungkin ikut campur.

Baca Juga:  Tuntutan Perawat untuk Mendapatkan Perlindungan dari Covid19 Ditolak Pengadilan AS

Itu terjadi pada tahun 2012, satu-satunya tantangan hukum bagi CFIUS sejak didirikan pada tahun 1975, ketika afiliasi Sany Group yang berbasis di China, Ralls Corp., membeli ladang angin di Oregon. Kemudian- Presiden Barack Obama memerintahkan Ralls untuk tidak hanya mendivestasi ladang angin, tetapi juga memaksanya untuk menghapus barang-barang yang ditambahkan ke fasilitas, termasuk pondasi beton, dan melarang akses karyawan ke tempat itu. Banyak yang menurut.

Kesepakatan itu menegaskan kembali bahwa Panglima Tertinggi memiliki risiko keamanan M&A. Dan administrasi Trump telah ikut campur beberapa kali sejak itu. Pada bulan Maret, Trump meminta Beijing Shiji Information Technology untuk menjual perusahaan perangkat lunak manajemen hotel StayNTouch. Pada tahun 2018, Ant Financial menjatuhkan pembelian MoneyGram senilai $ 1,2 miliar. Pemilik aplikasi kencan Tiongkok Grindr diperintahkan untuk menjualnya tiga tahun setelah membelinya pada tahun 2016.

Baca Juga:  Gedung Putih Peringatkan, Wabah Coronavirus dapat Membunuh 240.000 Orang Amerika

Lingkungan yang lebih keras telah mempengaruhi kesepakatan lainnya. Seorang bankir mengatakan kepada Breakingviews tentang dua contoh baru-baru ini di mana sebuah perusahaan Cina menerima penawaran yang lebih tinggi dari peminat Cina tetapi pergi dengan harga yang lebih rendah dari pembeli AS untuk menghindari ulasan CFIUS. ByteDance adalah yang terbaru dalam barisan panjang perusahaan-perusahaan Cina yang telah mempelajari Paman Sam adalah pil racun pamungkas.

//Reuters

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.