Tiktok Jadi Aplikasi Terbanyak Diunduh 2020, Salip Facebook

Top Ad

INIPASTI.COM – TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia tahun lalu, mengungguli Facebook dan WhatsApp. Data itu diungkap perusahaan riset pasar aplikasi mobile App Annie pada Selasa (10/8/21).

Dilansir dari AFP, riset mencatat popularitas aplikasi video milik perusahaan China itu melonjak meski ada upaya mantan presiden Donald Trump untuk melarangnya dan memaksa penjualan saham ke investor yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Inline Ad

Dari laman CNN, TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance, diyakini memiliki satu miliar pengguna di seluruh dunia termasuk lebih dari 100 juta di Amerika Serikat. Video pendeknya disebut sangat populer di kalangan pengguna smartphone muda.

Pada Juni lalu, Presiden AS Joe Biden mencabut perintah eksekutif Trump yang berusaha melarang TikTok dan WeChat masuk ke pasar AS karena masalah keamanan nasional. Namun, Biden memerintahkan untuk meninjau potensi risiko layanan internet milik asing.

Sementara debat politik tentang sensasi berbagi cuplikan video itu memanas, peringkat TikTok naik dari aplikasi keempat yang paling banyak diunduh pada 2019 ke posisi teratas tahun lalu.

Bahkan, popularitas TikTok mendorong Instagram milik Facebook untuk menambahkan fitur video serupa.

Bulan lalu, Tiktok menyediakan fitur unggahan video berdurasi hingga tiga menit atau tiga kali lipat dari batas sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk tetap mengungguli pesaing.

Facebook memanfaatkan lonjakan popularitas Tiktok untuk melemahkan klaim dari penegak antimonopoli di Amerika Serikat bahwa perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu mendominasi jejaring sosial (syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply