Tim Surveyor Kemenkes RI Tinjau Kelayakan Puskesmas Kassi-kassi

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menghadiri Survei Akrdeitasi yang diadakan Kementrian Kesehatan RI. Survei tersebut diadakan di Puskesmas Kassi-kassi, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, Senin, (11/10/2019).

Kedatangan tim surveyor akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam rangka menilai kelayakan manajemen Puskesmas.

Tim ini akan melihat secara langsung bagaimana penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan pelayanan klinis yang merupakan upaya kesehatan perseorangan dengan menggunakan standar akreditasi Puskesmas yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dalam arahannya, Iqbal menjelaskan bahwa sesuai peraturan perundang – undangan, Permenkes RI setiap tiga tahun sekali Puskesmas wajib diakreditasi oleh tim surveyor dari Kementrian Kesehatan.

Baca Juga:  Pemkot Makassar - BTN Hadirkan Kredit Rumah Murah dengan Syarat Mudah

Menurut Iqbal, berbagai standar akreditasi penilaian sebuah rumah sakit atau Puskesmas dijadikan bahan penilaian oleh tim surveyor.

“Ada ribuan akreditasi yang wajib dipenuhi dalam sebuah pelayanan kesehatan untuk dikatakan layak sebagai pusat kesehatan masyarakat. Jadi, jangan kita berpikir Puskesmas kita yang bagus padahal di luar sana ada lebih bagus. Intinya adalah peningkatan mutu dalam keselamatan pasien,” jelas Iqbal.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Azikin mengatakan dari 47 puskesmas yang ada di Kota Makassar sebagaian sudah terakreditasi.

Baca Juga:  Revitalisasi Posyandu Demi Dekatkan Pelayanan Kesehatan dengan Masyarakat

“Jadi dari 47 Puskesmas yang pada tahun ini sudah terakreditasi sebanyak 41 Puskesmas. Kita harap tahun ini semuanya dapat terakreditasi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut diserah terimakan kewenangan rumah sakit dari kepala Puskesmas Kassi-kassi dr Mariaty Jassin kepada tim surveyor Kemenkes RI Drg Dian Hayati selama melakukan survei di Puskesmas Kassi – Kassi dari tanggal 11 sampai 13 November 2019. (rls)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.