Tips Rawat Baterai Ponsel Android Agar Tetap Hemat dan Awet

INIPASTI.COM – Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan masa pakai baterai ponsel perangkat Android. Mulai dari merawat baterai, tidak terlalu sering menghidupkan layar hingga tidak menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan.

Untuk dapat melakukan beberapa tindakan dalam memperpanjang masa pakai baterai perangkat bisa dimulai dengan memilih setelan yang tersedia pada handphone.

Inline Ad

Dilansir dilaman Tempo, Terdapat beberapa tips memilih setelan yang menggunakan lebih sedikit baterai seperti membiarkan layar mati lebih cepat, mengurangi kecerahan layar, menyetel kecerahan agar berubah secara otomatis, menonaktifkan suara atau getaran keyboard, membatasi aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi, mengaktifkan baterai adaptif atau pengoptimalan baterai dan menghapus akun yang tidak digunakan.

Selain memilih setelan pada handphone yang berguna untuk menghemat daya baterai, ada juga beberapa tips yang bisa dilakukan ketika daya baterai hampir habis. Tips ini bisa dilakukan untuk memperpanjang masa baterai.

  1. Mengaktifkan mode penghemat baterai atau hemat daya
    Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah. Setelan ini membantu daya baterai bertahan lebih lama.
Baca Juga:  Telegram Diblokir, Ini Tanggapan Dekan Fikom UMI

2.Hindari tindakan yang membuat layar tetap aktif
Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak menggunakan navigasi dalam waktu yang lama, tidak menonton video dan tidak memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi.

  1. Hindari sambungan konstan
    Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak Tethering ponsel (hotspot), tidak menggunakan GPS dalam waktu yang lama, tidak streaming video atau musik dan tidak melakukan panggilan telepon saat dalam perjalanan, seperti di dalam mobil.
  2. Hindari tindakan yang memproses terlalu banyak informasi
    Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak sering menggunakan kamera, tidak memainkan game yang sangat interaktif dan tidak menggunakan aplikasi dalam waktu yang lama.
  3. Membatasi konektivitas dan lokasi
    Jika Anda tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat Mode pesawat. Gunakan Wi-Fi, bukan data seluler, nonaktifkan Bluetooth dan nonaktifkan Akses lokasi. Beberapa aplikasi dan fitur tidak akan berfungsi jika Lokasi dinonaktifkan. Pembatasan tersebut bisa berguna dalam memperpanjang masa penggunaan baterai.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp Sekaligus di Ponsel

Dalam pengoperasian sistem pada gadget tersebut, bukan hanya penghematan baterai dan penggunaan aplikasi yang perlu diwaspadai. Dalam hal ini perawatan baterai juga harus diperhatikan agar baterai tahan lama dan tidak mudak rusak. Jika baterai sudah rusak, biasanya daya akan cepat habis dan memerlukan waktu yang dalam pengisian dayanya. Maka dari itu ada beberapa tips dalam perawatan baterai.

  1. Menggunakan adaptor daya yang disertakan dalam ponsel
    Adaptor daya dan pengisi daya lain dapat mengisi daya dengan lambat atau tidak mengisi daya sama sekali. Keduanya juga dapat merusak ponsel maupun baterai.
  2. Menjaga agar ponsel tetap dingin
    Hindari situasi yang dapat menyebabkan ponsel terlalu panas, terutama saat baterai terisi penuh dayanya. Baterai akan terkuras lebih cepat saat sedang panas, meski tidak sedang digunakan.
  3. Isi daya baterai seperlunya
    Matikan ketika baterai ponsel android sudah mencapai 20 persen dan isi daya hingga penuh. Baru kemudian bisa digunakan kembali. Hindari kebiasaan memainkan ponsel selama masa pengisian daya baterai. Jangan terlalu sering mengisi daya ponsel agar tidak merusak baterai dan ponsel (syakhruddin)
(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.