Tokoh Masyarakat Bontonompo Adukan Aktifitas Tambang Ilegal ke DPRD Sulsel

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Sejumlah petani dan tokoh masyarakat memprotes kerusakan lingkungan akibat tambang galian C di sekitar sawah milik mereka di wilayah kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Aktifitas tambang ilegal ini beroperasi tepat di Lingkungan Giring-giring, kelurahan Kalaserena, dan lingkungan Gangga, kelurahan Tamanglayang, Kecamatan Bontonompo.

Inline Ad

Hal ini diungkapkan sejumlah petani dan tokoh masyarakat saat rapat dengar pendapat bersama komisi D DPRD Sulsel di Ruang rapat komisi D DPRD Sulsel, Rabu 28 Juli 2021.

Tokoh masyarakat lingkungan Gangga, Muh. Hasim mengatakan akibat dari aktifitas tambang ilegal ini menimbulkan kerusakan lingkungan dan berpotensi merusak sawah milik warga.

“Dampaknya ada beberapa kubangan dan jalan yang rusak. Sawah juga sekarang kalau hujan tergenang air,” kata Hasim saat rapat berlangsung.

Sementara itu, Hengki Yasin yang memimpin rapat mengatakan akan menindaklanjuti aduan masyarakat ini. Apalagi aktifitas tersebut merupakan tidak mengantongi izin dan telah merusak lingkungan.

“Masih memang perlu kita melakukan penyelidikan yang mendalam terkait surat laporan ini. Kemudian kalau hasilnya sudah ada secara formal nanti kita akan tindak lanjuti,” ujar Hengki Yasin.

Dalam rapat tersebut, politisi PKB Sulsel ini juga meminta camat Bontonompo, pihak Pemda Gowa, dan Dinas ESDM Provinsi Sulsel untuk memproses aduan masyarakat ini terkait aktifitas tambang ilegal disana.

Camat Bontonompo, Wahyuddin mengatakan pihaknya sebelumnya telah menerima laporan dari masyarakat terkait aktifitas penambang di wilayah itu. Bahkan dirinya telah melakukan peneguran dengan menyurat para penambang tersebut.

“Saya tegur semua ada 6 penambang, tegur dalam bentuk tertulis untuk menghentikan kegiatan tambang ilegal. Ada beberapa laporan pak lurah sudah tutup dan ada masih buka,” ungkapnya.

Ia juga membenarkan jika para penambang itu tidak mengantongi izin dan beraktifitas secara ilegal.

“Aktifitas tambang di Bontonompo tidak mengantongi izin,” ungkapnya.

(Muh. Seilessy)

Bottom ad

Leave a Reply